You are currently viewing Khasiat Daun Sirih Merah Warisan Leluhur

Vakansiinfo – Indonesia memang kaya dengan berbagai tanaman herbal yang sangat bermanfaat. Salah satunya, Daun Sirih Merah (Piper Crocatum) yang sering di jadikan sebagai tanam hias.

Sudah sejak dulu, daun sirih merah di gunakan oleh para leluhur kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti di gunakan untuk menyembuhkan ambeien, keputihan, dan menghilangkan bau mulut. Kandungan alkaloid pada daun sirih merah di anggap berfungsi sebagai antimikroba. Di negeri China, sirih di gunakan untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal.

Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Banyak Klinik Herbal Center yang menggunakan daun sirih merah sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat di sembuhkan dengan obat kimia. Di pengobatan herbal, daun sirih merah ini di gunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan. Karena salah satu khasiat dari sirih merah adalah sebagai antiseptik. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan.

Beberapa Khasiat Dan Cara Menggunakan Dari Daun Sirih Merah:

Untuk mengobati Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Siapkan tiga lembar daun sirih merah yang setengah tua, dari daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1/2 gelas. Minum air rebusan daun sirih ini sehari tiga kali sebelum makan. Sekali minum 1/2 gelas.

Jantung Koroner

Siapkan daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil sebanyak 6-8 lembar. Cuci bersih, kemudian di iris kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian saring. Ramuan ini di minum selagi masih hangat, dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.

Baca Juga  Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Radang Prostat

Siapkan daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk) sebanyak 6 lembar. Cuci bersih, dan iris kecil-kecil, kemudian di rebus dengan air 2 gelas (400 ml) sampai tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan di minum setelah dingin (bisa di tambahkan madu murni sebanyak 2 sendok teh) dua kali sehari dengan sekali minum 1 gelas.

Khasiat Daun Sirih Merah Warisan Leluhur
Sejak dahulu dulu, daun sirih merah di gunakan oleh para leluhur untuk pengobatan

Tuberkulosis (TBC)

Siapkan daun sirih yang sudah tua yang berukuran sedang sebanyak 6 lembar atau ukuran besar sebanyak 4-5 lembar. Cuci bersih dan bilas hingga 3 kali, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air 3 gelas (600 ml) sampai tersisa 1,5 gelas. Kemudian saring dan di minum selagi hangat tiga kali sehari. Sekali minum sebayak 1/2 gelas. Agar tidak terlalu pahit bisa di tambahkan madu murni 1 sendok teh atau perasan jeruk nipis.

Asam Urat

Siapkan daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 7 lembar dan batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih dan iris kecil-kecil. Kemudian rebus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 2 gelas. Saring dan minum selagi hangat dua kali sehari. Sekali minum 1/2 gelas. Bisa di tambahkan 2 sendok teh madu murni dan perasan jeruk nipis. Sisanya bisa di minum pada hari berikutnya, panaskan terlebih dahulu.

Kangker Payudara dan Rahim

Siapkan daun sirih ukuran besar sebanyak 6 lembar dan batangnya sepanjang 15 cm. Pilih yang bagian bawahnya berwarna merah merata dan segar. kemudian daun dan batang di cuci hingga bersih. Rebus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai tersisa 2 gelas, kemudian di saring. Ramuan ini untuk dua hari dan di minum selagi hangat dua kali sehari. Sekali minum 1/2 gelas. Bisa di tambahkan 2 sendok teh madu murni.

Baca Juga  Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wasir

Siapkan daun sirih sebanyak 7 lembar. Cuci bersih dan iris kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan air 3 gelas (600 ml) hingga mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Saring dan dinginkan, ramuan ini di minum tiga kali sehari, untuk sekali minum 1/2 gelas. Bisa di tambahkan 2 sendok teh madu murni.

Penyakit Ginjal

Siapkan daun sirih merah yang masih muda (daun bagian pucuk) sebanyak 8 lembar. Cuci bersih kemudian iris kecil-kecil dan rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga tersisa 1, 5 gelas. kemudian saring dan endapkan. Setelah dingin ramuan di minum tiga kali sehari. Sekali minum 1/2 gelas dan bisa di tambahkan dengan 2 sendok teh madu murni.

Hepatitis atau Radang Liver

Siapkan daun sirih merah tua berukuran besar sebanyak 6 lembar. Cuci dengan air mengalir secara berulang-ulang. Kemudian rebus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum tiga kali sehari dengan sekali minum 1/2 gelas. Lebih baik jika di tambahkan madu 3 sendok teh setiap kali minum.

Sumber : Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic”

(Tar)