You are currently viewing Mengembalikan Kesehatan Mental Dengan Berolahraga
  • Post author:

Vakansiifo – Olahraga merupakan kegiatan yang berdampak baik bagi tubuh Jika di lakukan dengan tepat. Dengan melakukan olahraga teratur, kesehatan fisik kita akan terjaga. Sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain kesehatan fisik yang dapat di jaga dengan berolahraga, kesehatan mental juga turut terjaga. Ada beberapa olahraga dapat mengembalikan kesehatan mental yang umumnya belum di ketahui orang banyak.

Berikut ini beberapa jenis dan manfaat olahraga yang dapat mengembalikan kesehatan mental:

Lari untuk penderita Insomnia

Insomnia bisa di atasi dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan denyut jantung. Kita bisa melakukan olahraga aerobik. Seperti berlari, dapat membantu mengatasi insomnia. Karena dengan berlari, sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, sebagai alternatif, juga bisa melakukan jalan cepat, renang, dan olahraga lain yang dapat meningkatkan denyut jantung.

Renang untuk mengatasi ketakutan terhadap isolasi

Cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa takut adalah dengan cara menghadapinya. Dengan melakukan olahraga renang, kita di picu untuk fokus tanpa ada distraksi dari hal lain dan orang lain. Selain itu, olahraga renang sendiri juga dapat meningkatkan detak jantung dan mengatasi insomnia.

Baca Juga  Kenali Dampak Buruk Radikal Bebas dan Cara Mencegahnya

Mengembalikan Kesehatan Mental Dengan Berolahraga

Bersepeda dalam ruangan dapat mengatasi rasa kurang percaya diri

Neurotransmitter (molekul kimia yang membawa pesan atau sinyal dari satu sel saraf ke sel target berikutnya) berkaitan erat dengan rasa senang dan relax. Salah satu yang memicu produksi neurotransmitter adalah dengan Bersepeda dalam ruangan. Sehingga dapat menekan rasa kurang percaya diri. Selain itu Bersepeda dalam ruangan dapat membakar lemak dalam tubuh dengan efektif.

Tinju untuk depresi

Mengatasi depresi bisa dengan meningkatkan percaya diri. Olahraga tinju dapat membantu kita dalam hal itu. Menurut ahli, tinju dapat membuat tubuh menghasilkan endorfin (senyawa kimia yang di hasilkan oleh tubuh sebagai pereda rasa nyeri alami ketika sakit atau stres) yang dapat menciptakan rasa nikmat.

Yoga untuk mengatasi rasa cemas

Untuk mengatasi Rasa cemas kita dapat mencoba melakukan olahraga Yoga. Karena, aktivitas yang fokus terhadap kesadaran dan meditasi dapat mengurangi hormon kortisol (hormon pemicu stres). Karena melibatkan pernapasan, postur, dan konsentrasi, Yoga sering di manfaatkan untuk rehabilitasi.

Baca Juga  Sentra Medika Hospital Cibinong Resmikan Unit Thalassemia dan Hemofilia Bagi Masyarakat

Dengan mencoba olahraga tersebut, dapat membantu kesehatan mental untuk tetap terjaga. Namun jika kesehatan mental kita tidak juga membaik, segera berkonsultasi kepada ahlinya. Bisa meminta pertolongan kepada Psikolog atau orang terdekat yang kita kenal.

(Rev)