You are currently viewing Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Vakansiinfo – Melakukan pemanasan sebelum berolahraga meskipun durasinya singkat serta terlihat sepele. Ternyata hal ini memberikan banyak dampak positif bagi tubuh. Dan mencegah beragam hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat olahraga. Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan pemanasan sebelum berolahraga:

Mencegah Cedera

Aktivitas olahraga membutuhkan otot yang lentur dan tidak kaku, sehingga dapat mengikuti gerakan-gerakan tertentu. Melakukan pemanasan membuat otot menjadi lebih lentur. Sehingga ketika kita melakukan gerakan olahraga seperti mengangkat beban, melakukan tendangan tinggi, atau lari dengan kecepatan tertent. Potensi otot yang kram, terjadi cedera, hingga sobek dapat di hindari.

Meningkatkan Performa Olahraga

Gerakan pemanasan yang di lakukan sebelum olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot, sehingga otot menjadi lebih fleksibel. Dengan terjadinya peningkatan aliran darah ini, otomatis oksigen yang di bawa ke seluruh tubuh menjadi lebih banyak. Hal inilah yang akan meningkatkan energi ototmu serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya. Sehingga, performa olahraga dapat meningkat. Jadi, hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Baca Juga  Menpora Dito Kukuhkan Dan Lepas Kontingen Indonesia Untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou

Detak Jantung Tetap Stabil

Saat tubuh berolahraga, detak jantung akan meningkat. Namun, hal ini dapat berbahaya jika detak jantung meningkat secara tiba-tiba, akibat olahraga tanpa melakukan pemanasan. Meningkatnya detak jantung secara tiba-tiba dapat membuat jantung mengalami perubahan fungsi yang abnormal, dan menyebabkan minimnya suplai darah ke otot jantung. Untuk menghindarinya, pastikan kita menjaga detak jantung agar tetap stabil dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Kesehatan Tulang dan Sendi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa melakukan pemanasan sebelum olahraga mampu meningkatkan rentang gerak sendi. Serta memelihara dan meningkatkan kinerja tulang dan sendi. Tidak hanya itu, melakukan pemanasan juga memberikan tubuh ‘cairan pelumas’ lebih banyak pada persendian. Sehingga sendi-sendi pada tubuh lebih fleksibel. Jadi, cedera sendi bisa di minimalisir.

Meningkatkan Fokus

Selain berfungsi untuk meminimalisir terjadinya cedera dan lainnya. Pemanasan juga baik untuk meningkatkan kondisi mental dan melatih fokus. Sehingga, olahraga yang di lakukan bisa maksimal.

Demikian beberapa manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga yang bisa kita rasakan. Setelah mengetahui pentingnya pemanasan, mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berolahraga juga tak kalah pentingnya. Mungkin banyak yang berpikir bahwa olahraga hanya baik di lakukan pada pagi hari karena udara yang masih terasa segar. Namun, tidak ada salahnya bila di lakukan di lain waktu. Berikut ini waktu tepat berolahraga di pagi, sore, dan malam hari yang bisa Anda lakukan:

  • Pagi hari, Lakukan olahraga pada pukul 07.00 – 09.00 . Kita bisa melakukan olahraga sebelum atau setelah sarapan. Jika memilih olahraga setelah sarapan, pastikan memberi jarak waktu yang cukup antara sarapan dengan olahraga.
  • Sore hari, Jika memilih waktu sore hari untuk berolahraga. Kita bisa melakukanya pada pukul 03.00 – 05.00 sore setelah selesai beraktivitas.
  • Malam hari, berolahraga pada malam hari kita bisa melakukan pada pukul 07.00 – 08.00 malam. Perlu di ingat, lakukan olahraga maksimal 2 jam sebelum waktu tidur untuk menjaga kualitas tidur agar tetap baik.
Baca Juga  Timnas Wushu Indonesia Sukses Sumbangkan 4 Emas dan 3 Perak di Ajang The FISU World University Games 2021

(Ati)