You are currently viewing Air Terjun Coban Rondo, Legenda Kisah Cinta Sepasang Kekasih Patah Hati

Vakansiinfo – Air terjun Coban Rondo sebenarnya berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Namun karena lebih dekat dengan Batu, orang sering menyebut Coban Rondo di Batu. Lokasinya berada di bagian akhir dari kaki Gunung Kawi yang membujur dari selatan ke utara. Coban Rondo berada di kawasan utara. Karena itu pintu masuknya berasal dari perbatasan Kota Batu dengan Kecamatan Pujon.

Destinasi Coban Rondo sudah lama menjadi tempat healing wisatawan. Fakta yang menariknya. sejarah Coban Rondo dapat di telusuri hingga zaman kolonial Belanda. Pada saat itu, air terjun ini di kenal dengan nama Coban Wato. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia, nama air terjun ini di ubah menjadi Coban Rondo.

Tetapi menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Coban Rondo menyimpan kisah cinta yang tragis. Di mana pada zaman dahulu ada seorang perempuan cantik yang bernama Dewi Anjarwati. Dan jatuh cinta kepada seorang pemuda miskin bernama Joko Lelono. Namun, orang tua Dewi tidak menyetujui hubungan mereka dan memaksa Dewi untuk menikah dengan seorang pria kaya yang bernama Bandung Bondowoso.

Baca Juga  Rasakan Liburan Akhir Tahun Dengan Pengalaman Yang Menakjubkan di Nirvana Valley Resorts

Dalam keputusasaan, akhirnya Joko Lelono berusaha bunuh diri dengan melompat dari air terjun Coban Rondo. Mendengar hal itu, Dewi Anjarwati yang patah hati juga ikut memutuskan untuk melompat ke air terjun dan bersatu dengan Joko Lelono. Oleh karena itu nama Coban Rondo berasal dari kata ‘rondo’ yang berarti ‘janda’ dalam bahasa Jawa.

Kisah cinta tragis dari legenda lokal ini menjadi daya tarik Coban Rondo sebagai objek wisata. Meskipun tidak ada catatan sejarah yang dapat membuktikan kebenaran cerita tersebut, namun legenda ini tetap melekat dalam budaya masyarakat sekitar.

Ketinggian air terjun Coban Rondo kisaran 84 meter. Dengan pesona alamnya yang mengagumkan. Selain itu masih ada atraksi wisata alam lainnya. Seperti Taman Labirin, kawasan perkemahan yang cukup luas, pepohonan Pinus yang rimbun. Bahkan juga terdapat area outbound.

(Tar)