You are currently viewing Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia dan Plasticpay Beri Penghargaan Plastic Hero Awards di Acara FEKDI 2023, JCC Senayan

Vakansiinfo, Jakarta – Bank Syariah Indonesia dan Plasticpay memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pegiat Lingkungan. Melalui Program Apresiasi Plastic Hero Awards 2023 di Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023. Yang telah berlangsung pada tanggal 07 Mei hingga 10 Mei 2023, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pada Talkshow kali ini turut mengundang narasumber inspiratif. Seperti Bapak Aris Widi Setiawan selaku Vice President of Sustainable Finance, PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Bapak Suhendra Setiadi selaku CEO Plasticpay serta Bapak Ginanjar selaku Tim Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia. Topik diskusi yang di angkat mengenai Sustainable Finance. Isu keuangan berkelanjutan ini terkait upaya dalam mengembangkan sumber-sumber pembiayaan. Yang dapat mendukung Dekarbonisasi Indonesia Net Zero Emission 2060, termasuk menangani risiko transisi menuju ekonomi rendah karbon.

Di sisi lain, Apresiasi Penghargaan Plastic Hero Awards 2023 juga di berikan kepada Juara 1 (Ibu Santi Budiyawanti). Juara 2 (Bapak Wendraji Agustian Muhadi) dan Juara 3 (Bapak Gunadi Triyono). Semua Pemenang Penghargaan Plastic Hero Awards 2023 masuk dalam kategori SDGs no.12 (Responsible Consumption and Production). Tiap penukaran Sampah Botol Plastik melalui Reverse Vending Machine. Pengguna juga dapat mengetahui dampak sosial yang di peroleh seperti jejak karbon yang terkurangi, lahan yang terselamatkan. Hingga botol plastic yang terkumpul nantinya akan di daurulang menjadi produk daurulang. Yang di kreasikan Komunitas UMKM Indonesia.

Dampak Sosial yang telah di lakukan oleh Bank Syariah Indonesia dan Plasticpay melalui Program Sustainable Finance meliputi Penyediaan Reverse Vending Machine yang tersebar di 50+ titik Jabodetabek dan Bali. 414.586 pcs botol plastik yang berhasil terkumpul, 4.329 masyarakat yang berpartisipasi. 30.639 Transaksi yang di lakukan Masyarakat, 28.606.419 Jejak Karbon yang berhasil terkurangi, 119.92 m2 Lahan yang terselamatkan, Rp.51.624.258 Poin yang berhasil terkirim ke user, hingga Rp.135.040.000 Nilai Transaksi UMKM yang menghasilkan produk upcycle dari Sampah Botol Plastik. Ujar Imam Pesuwaryantoro selaku CorComm Plasticpay.

Mengembangkan instrumen pasar keuangan hijau yang berkelanjutan

Tidak hanya itu, Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter ikut berkontribusi mengembangkan instrumen pasar keuangan hijau dan berkelanjutan. Untuk mendorong pembiayaan ekonomi di Indonesia. Contoh Program Bank Indonesia sebagai Peran Ekonomi Keuangan Hijau untuk Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan adalah dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan Entitas Social Entreprises PT. Plasticpay Teknologi Daurulang.

Melalui kerjasama strategis antara Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia dan Plasticpay. Program Dekarbonisasi Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang bisa segera terwujud karena sesuai dengan SDGs no.12 (Responsible Consumption & Production) dan SDGs no.17 (Partnership for The Goals).

(Eff)