You are currently viewing Buang Plastik Di Bikin Asik, Grab-Ovo x Plasticpay x Lawson luncurkan Mesin RVM Tukar Botol Jadi Cuan Yang Berlokasi Di Lawson Cipete

Vakansiinfo, Jakarta – Lawson Indonesia, bekerjasama dengan Grab Indonesia dan Plasticpay. Mengumumkan sosialisasi peluncuran penggunaan Reverse Vending Machine (RVM) perdananya di toko Lawson Cipete, pada Rabu (18/10/2023).

RVM, mesin penukar botol plastik pasca-konsumsi, bertujuan mendukung gerakan pelestarian lingkungan. Dengan mendapatkan reward poin yang bisa di redeem ke uang elekronik. Salah satunya menjadi saldo OVO serta hasil saldo OVO yang terkumpul bisa untuk membeli produk makanan – minuman di Lawson Station di seluruh indonesia.

Plasticpay adalah sebuah gerakan sosial berbasis platform digital. Yang mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku. Lawson Indonesia berserta Grab Indonesia dan Plasticpay mempersembahkan inovasi dalam negeri – Reverse Vending Machine (RVM). Yang memfasilitasi pengumpulan dan pembuangan botol plastik pasca-konsumsi kepada masyarakat indonesia. Botol plastik yang di kumpulkan di Reverse Vending Machine di pastikan 100 persen di daur ulang.

“Komitmen Lawson Station terhadap inisiatif ini sejalan dengan dedikasi Lawson sebagai perusahan yang ramah lingkungan. Lawson selalu mendorong penggunaan kantong belanja ulang pakai (reusable bag) atau kantong kertas. Pengelolaan sampah yang baik, dan desain toko yang ramah lingkungan serta hemat energi.” Kata Managing Director Lawson Indonesia Adrianus Hery Muliawan.

Baca Juga  Inspiratif, Pemuda Ini Terapkan Less Waste Event Pada Acara BBQ Party di Rawalumbu, Kota Bekasi

Adrianus mengatakan, RVM memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengumpulan botol plastik pasca-konsumsi. Dan mengedukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. Daur ulang botol plastik membantu mengurangi produksi baru plastik, yang pada gilirannya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Program ini membantu mengurangi limbah plastik yang mencemari lautan, tanah, dan udara.

“Lawson Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam mengelola sampah. Termasuk program mengurangi sampah plastik di laut sampai 75 persen pada tahun 2035.” Ujarnya.

Gerakan ramah lingkungan memotivasi perusahaan untuk mencari inovasi lebih lanjut dalam pengurangan dan manajemen limbah plastik.

“Kami selalu antusias dengan teknologi baru dan pendekatan yang lebih ramah lingkungan. Proses mesin penukaran ini mendorong masyarakat untuk melibatkan diri dalam langkah-langkah sederhana,” kata Adrianus.

Pertama, pengguna perlu mengunduh aplikasi Plasticpay di Playstore atau Appstore. Setelah melakukan download dan registrasi, botol plastik PET pasca-konsumsi dapat di bawa ke Lawson Station. Dan hasil penukaran botol di RVM bisa langsung di tukar ke uang elektronik dan dapat di belanjakan di Lawson Station di seluruh indonesia.

Baca Juga  Dukung Program Sirkular Ekonomi, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Berkolaborasi dengan Plasticpay Inisiasi Grand Launching RVM BSI dan Dropbox Chatime

Suhendra Setiadi, CEO Plasticpay, menyatakan optimisme tentang kolaborasi dengan Lawson Station dan Grab. Mengacu pada komitmen kuat keduanya terhadap daur ulang kemasan botol plastik pasca-konsumsi dan jaringan toko yang luas. Ia percaya bahwa mesin penukaran ini, sebuah inovasi 100 persen Indonesia, dapat memberikan kontribusi signifikan pada pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan di seluruh negeri.

“Semua botol plastik pasca-konsumsi yang terkumpul melalui RVM akan di ambil oleh mitra pengumpul sampah plastik. Dan di antar ke fasilitas Unit Bisnis Daur Ulang (RBU). Botol plastik pasca-konsumsi yang terkumpul akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang akan di gunakan kembali menjadi berbagai barang bermanfaat dan bernilai ekonomi.” Ujar Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication, Plasticpay.

(Eff)