You are currently viewing Gambang Kromong Salah Satu Budaya Betawi Yang Nyaris Tergerus Zaman

Vakansiinfo – Gambang Kromong adalah sebuah kesenian musik tradisional yang berasal dari Betawi. Di mana Gambang Kromong merupakan gabungan dari elemen-elemen budaya Sunda dan Tionghoa, dengan unsur musik Melayu.

Gambang Kromong di kenal pada akhir abad ke-19. Di mana pada masa itu, Betawi menjadi daerah yang ramai dengan aktivitas perdagangan antara penduduk Tionghoa dan pribumi. Dari interaksi tersebut, terciptalah bentuk musik yang menggabungkan unsur-unsur musik Tionghoa dengan alat musik tradisional. Seperti gambang, kromong, kongahyan, saron, kendang, gendang, gong, dan seruling. Dengan memiliki melodi yang riang, ritme yang bersemangat, dan irama yang menggembirakan. Lirik-lirik Gambang Kromong umumnya bercerita tentang kehidupan sehari-hari, kegembiraan, dan nilai-nilai kebersamaan.

Baca juga: Kemeriahan Lebaran Depok 2023 Bertajuk Warisan Adat Dan Tradisi Lokal Untuk Depok Berbudaya

Pada tahun ahun 1930-an, Gambang Kromong mulai di tampilkan dalam acara perayaan dan upacara adat masyarakat Betawi. Melalui pertunjukan musik di panggung-panggung hiburan sehingga akhirnya semakin di kenal dan populer di kalangan masyarakat Jakarta. Orkes Gambang Kromong Keluarga Deli Bintang dan Haji Mahmud salah satu budayawan yang memperkenalkan dan mengembangkan Musik Gambang Kromong. Mereka sering tampil dalam acara-acara hiburan di berbagai tempat seperti pasar malam, panggung musik, dan rumah-rumah.

Baca Juga  British School Jakarta Rayakan Keberagaman Lewat Capaian Rekor “Pagelaran Tari Yang Dibawakan Penari Berkebangsaan Terbanyak”

Dalam masa perkembangan Gambang Kromong, beberapa kelompok musik dan penyanyi solo turut berjasa dalam mempopulerkannya. Seperti Kelompok Gambang Kromong Murni Surabaya yang di kenal dengan gaya musiknya yang khas. Serta penyanyi solo seperti Waldjinah yang memiliki suara merdu dan sering membawakan lagu-lagu Gambang Kromong.

Baca juga: Belajar Tiga Filosofi Melayani Tamu Para Leluhur Borobudur di Omah Mbudur

Meskipun perkembangan musik modern telah menggeser popularitas Gambang Kromong. Beberapa kelompok seniman dan komunitas budaya di Jakarta. Masih melestarikan dan mempertahankan musik Gambang Kromong. Karena musik Gambang Kromong memiliki nilai historis dan kultural yang penting sebagai bagian dari warisan budaya Betawi. Dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan musik tradisional Indonesia.

(Tar)