You are currently viewing Hal-hal Kecil Sederhana Untuk Menjaga Lingkungan
  • Post author:

Vakansiinfo – Memulai dari hal yang paling kecil, seperti dengan mematikan lampu jika tidak di gunakan. Kita sudah melakukan untuk ikut menjaga lingkungan. Di mulai dari diri sendiri melakukan kegiatan yang dapat menyelamatkan bumi kita.

Selain mencegah kerusakan lingkungan, menjaga lingkungan juga menguntungkan semua makhluk hidup. Karena menghasilkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman untuk di huni. Kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih dengan hal-hal sederhana berikut ini.

Hal-hal Kecil Sederhana Untuk Menjaga Lingkungan

Memilah dan membuang sampah pada tempatnya

Menjaga lingkungan harus di mulai dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu kita harus memilah sampah yang akan kita buang. Pisahkan sampah organik dan anorganik. Dengan memilah sampah kita bisa menggunakan sampah organik sebagai kompos untuk tanaman. Sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat. Jangan lupa untuk mengajarkan kebiasaan memilah dan membuang sampah kepada keluarga kita. Agar lingkungan sekitar kita terjaga.

Mengurangi penggunaan kantong plastik

Kita bisa mengurangi penggunaan plastik dengan selalu membawa tote bag saat berbelanja. Membawa tumblr, dan membawa alat makan saat berpergian. Selain lebih higienis, kita juga bisa mengurangi sampah plastik sekali pakai. Walaupun terdengar ribet, akan tetapi hal ini sangatlah baik di lakukan untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga  Eiger Rilis Sustainability Report di Gedung Sarinah Jakarta, Kamu Bisa Tukar Botol Jadi Poin EAC di RVM Eiger X Plasticpay

Hal-hal Kecil Sederhana Untuk Menjaga Lingkungan

Membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya

Selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya. Kita bisa ajak seluruh anggota keluarga hingga tetangga untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar kita.

Menggunakan produk daur ulang

Selain membantu mengurangi sampah produk daur ulang atau recycle juga akan membantu dalam menjaga lingkungan. Seperti menggunakan kaleng bekas sebagai pot tanaman hingga kardus sebagai wadah penyimpanan.

Hijaukan lahan kosong

Manfaatkanlah lahan kosong untuk di tanami pohon atau tanaman herbal. Selain menambah lahan untuk resapan air, tanaman herbal juga berkhasiat sebagai obat tradisional yang bisa kita gunakan sebagai pertolongan pertama untuk penyakit ringan. Selain itu tanaman dapat meningkatkan kualitas udara. Tumbuhan tersebut mampu membersihkan udara dari polutan secara alami.

Menghemat energi

Cara terakhir yang bisa di lakukan adalah dengan menghemat penggunaan energi. Seperti mematikan lampu jika tidak di pakai dan mematikan kabel elektronik jika tidak di gunakan. Dengan begitu kita bisa menghemat biaya listrik dan mengurangi emisi. Semakin banyak listrik yang di gunakan, semakin banyak juga karbon yang di hasilkan.

Baca Juga  Inspiratif, Pemuda Ini Terapkan Less Waste Event Pada Acara BBQ Party di Rawalumbu, Kota Bekasi

Selanjutnya kita bisa menghemat BBM dengan menggunakan transportasi umum atau sepeda. Dengan begitu bisa mengurangi pencemaran udara yang di hasilkan dari kendaraan bermotor.

(Rev)