You are currently viewing Kumpulan Buah Baik untuk Ibu Hamil

Vakansiinfo – Ibu yang hamil muda seringkali mengalami mual di pagi hari. Bahkan ada yang sampai muntah-muntah karena rasa mual itu. Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa mual ini adalah dengan makan buah. Buah yang paling sering di gunakan untuk menghilangkan mual ini adalah buah mangga.

Selain mangga, masih banyak buah yang bagus untuk ibu hamil yang bisa di konsumsi. Buah yang bagus untuk ibu hamil merupakan buah yang tidak hanya bisa menghilangkan mual saja, namun juga kaya akan kandungan vitamin dan folat yang di perlukan untuk tumbuh kembang janin yang ada di perut sang ibu. Berikut kumpulan buah yang bagus untuk ibu hamil beserta dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya:

Mangga

Hampir semua ibu hamil setuju bahwa mangga adalah buah yang menjadi incaran ibu yang sedang hamil muda. Rasa masamnya bisa membuat hilang mual dan meningkatkan mood untuk beraktivitas di pagi hari. Buah mangga ini punya kandungan vitamin C dan vitamin A. Satu gelas jus mangga sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Sahabat loh seharian. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk kekebalan dan memperkecil risiko komplikasi setelah melahirkan.

Baca Juga  Sembelit, Jangan Khawatir! Ini Aneka Buah Yang Terbukti Efektif

Jeruk

Jika susah menemukan mangga karena tidak musim, kita bisa memburu jeruk. Buah Jeruk lebih mudah di temukan di pasar di bandingkan dengan mangga. Jeruk kaya akan vitamin C dan folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat pada janin.

Pir

Meskipun tidak semasam mangga rasanya, namun buah pir juga bisa menjadi alternatif. Pir ini memberikan rasa masam yang ringan, namun bisa membuat terasa segar. Pir juga bisa meningkatkan mood di pagi hari. Kandungan nutrisi di dalam pir ini antara lain: serat, kalium, dan folat. Kalium sangat berguna untuk kesehatan jantung ibu dan janinnya.

Apel

Meski harganya agak mahal, namun apel ini buah yang disukai banyak orang. Kandungan yang terdapat di buah apel ini antara lain: vitamin A, vitamin C, vitamin D, serat, zinc, dan kalium. Apel ini dapat mengurangi risiko penyakit asma dan eksim pada janin.

Semangka

Manis dan berair, banyak sekali orang yang menyukainya. Semangka menjadi idaman para ibu hamil. Bahkan ada ibu hamil yang punya kebiasaan harus makan semangka dulu baru bisa beraktivitas di pagi hari. Jika tidak makan semangka maka tidak mood sama sekali. Kandungan dalam semangka ini tercakup berbagai macam vitamin, magnesium, dan potasium. Mengonsumsi semangka juga bisa mengurangi risiko kram otot yang kadang di derita oleh beberapa ibu hamil.

Baca Juga  Sembelit, Jangan Khawatir! Ini Aneka Buah Yang Terbukti Efektif

Jambu Biji

Bagi Anda yang sedang hamil dan punya masalah dengan pencernaan, sangat di rekomendasikan untuk makan jambu biji. Jambu biji ini bisa mengurangi risiko sembelit. Kandungan yang ada di jambu biji antara lain: vitamin C, vitamin E, folat, isoflavonoid, karotenoid, dan polifenol.

Anggur

Buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya adalah anggur. Anggur ini punya kandungan vitamin C, vitamin K, folat, serat, antioksidan, asam organik, dan pektin. Antioksidan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Asam organik dapat menghambat patogen yang berbahaya dalam tubuh. Sedangkan pektin berguna untuk mengurangi kadar kolesterol, mempercepat proses penyembuhan luka, mengatur insulin, dan merangsang kekebalan tubuh.

Itulah beberapa buah yang bagus di konsumsi oleh ibu hamil. Tetapi setiap tubuh manusia memiliki kebutuhan nutrisi dan gizi yang berbeda. Untuk mendapatkan informasi tentang gizi yang di butuhkan tubuh kita, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

(Rev)