You are currently viewing Rekomendasi Minuman Rendah Gula, Baik Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Vakansiinfo – Minuman yang menyegarkan memang sangat di minati, terutama saat cuaca terik. Tapi, hati-hati dalam memilih minuman, sebab rasa yang manis berarti memiliki kandungan gula yang tinggi. Kita harus tahu bahwa ada banyak pilihan minuman rendah gula yang baik bagi tubuh. Berikut rekomendasi minuman rendah gula yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Air Kelapa

Rasanya yang manis alami di tambah di minum saat dingin benar-benar menjadi minuman terbaik saat rasa haus melanda. Bukan hanya enak di mulut saja, elektrolit yang terkandung di dalamnya seperti natrium, kalium, dan magnesium, membuat air kelapa muda menjadi salah satu pilihan minuman isotonik rendah gula terbaik. Tips terbaik untuk mengonsumsi air kelapa yaitu minum langsung dari buahnya, untuk menghindari penambahan gula. Kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk memberikan sensasi segar yang unik.

Teh Tawar

Kini semakin banyak orang yang menyukai minuman teh tawar, minuman rendah gula dan kalori. Perubahan mindset untuk mengurangi jumlah gula yang masuk dalam tubuh membuat banyak orang semakin sadar kalau teh tawar ternyata juga nikmat. Apalagi bila di tambah sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, teh tawar semakin nikmat.

Kopi Tanpa Gula

Minuman yang satu ini selalu menjadi favorit dari zaman ke zaman. Cara terbaik untuk menikmati secangkir kopi dengan lebih nikmat plus sehat adalah tanpa menambahkan gula. Bagi Anda yang baru memulainya, mungkin akan merasa aneh di awal. Tapi seiring waktu, akan mulai terbiasa dan bisa menikmati jenis minuman yang satu. Sama seperti teh, kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Baca Juga  Encang Smith, Dari Nol hingga Jadi Bintang TikTok dan Raja PUBG Mobile

Air Lemon

Minuman vitamin C rendah gula yang bisa di jadikan pilihan lainnya adalah air lemon. Yang berguna untuk memperlancar pencernaan, juga kaya akan kandungan senyawa aktif flavonoid, karotenoid, dan polifenol yang baik untuk kesehatan kulit. Tips untuk Anda yang ingin mengonsumsi minuman ini, perhatikan cara meminumnya. Karena kandungan asam sitrat pada lemon bisa memberikan dampak negatif pada enamel gigi. Gunakan sedotan dan segera berkumur-kumur setelah meminum air lemon. Tujuannya untuk membilas asam sitrat yang menempel pada gigi.

Infused Water

Tampilan air putih yang lebih menarik dengan manfaat lebih dan rasa yang segar bisa kamu dapatkan dari infused water. Minuman ini pada dasarnya adalah rendaman berbagai bahan seperti buah-buahan dan daun mint di dalam air putih selama beberapa jam. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, perhatikan proses pembuatannya. Cucilah bersih semua bahan, lalu jangan merendam terlalu lama. Cukup beberapa jam saja. Jika ingin merendamnya lebih dari 12 jam, lakukanlah di dalam kulkas.

Rekomendasi Minuman Rendah Gula, Baik Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Susu

Susu merupakan minuman kemasan rendah gula yang memiliki rasa manis alami. Tidak perlu ragu lagi dengan manfaatnya, karena susu mengandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, dan kalsium. Sebaiknya hindari menambahkan gula lagi bila kamu ingin mengonsumsi susu sebagai minuman sehat. Tetapi bila ingin menikmati sensasi berbeda, menambahkan teh atau kopi bersama susu bisa menjadi pilihan.

Yoghurt dan Kefir

Minuman yoghurt rendah gula merupakan minuman fermentasi susu yang sudah terkenal manfaatnya bagi tubuh selama ribuan tahun. Selain mendapatkan manfaat kandungan susu, juga akan mendapatkan manfaat probiotik, yaitu bakteri hidup yang terkandung dalam yoghurt. Berbagai manfaat seperti peningkatan imun tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga  Bayu Primadana, Menjadi Blogger & Konten Kreator yang Berhasil Membuat Trend

Smoothies

Minuman yang memiliki tekstur lembut di mulut, rasa yang enak, bernutrisi tinggi, dan juga bisa mengenyangkan. Ambil beberapa jenis buah, kupas kulitnya, lalu potong-potong dagingnya. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit susu segar. Tips membuat smoothies yang sehat adalah dengan tidak menambahkan gula ke dalam proses pembuatannya. Biarkan rasa manis alami dari buah dan sayuran serta susu menjadi sumber kenikmatan rasa.

Jus Buah dan Sayur

Untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan sehat, bisa mengkonsumsi jus yang merupakan kombinasi buah dan sayur. Sama halnya seperti smoothies, biarkanlah rasa manis dari buah dan sayur sebagai pemberi rasa dalam jus buatan kamu.

Dampak dari Minuman dengan Kandungan Gula Tinggi bagi Kesehatan

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahaya minuman manis dengan kandungan gula yang tinggi bagi tubuh. Beberapa dampak negatif mulai dari yang sederhana sampai yang berakibat fatal adalah:

  • Merusak gigi. Kandungan gula dalam minuman manis yang menempel pada gigi mengundang bakteri dan menghasilkan asam yang kemudian merusak gigi.
  • Obesitas. Minuman manis tidak menimbulkan rasa kenyang walaupun jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Akibatnya, kamu akan tetap mencari makanan padat untuk memberikan rasa kenyang.
  • Penyakit Jantung. Obesitas membuka peluang terkena penyakit jantung lebih besar.

Dampak minuman manis tersebut tentu saja bisa kita hindari dengan memulai mengonsumsi minuman rendah gula. Tetapi apabila Anda terjadi sudah mulai merasakan dampaknya, segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

(Rev)