You are currently viewing Satu Lagi Persembahan Untuk HUT Jakarta, JXB Hadirkan Jakarta Creative Zone Buy Local

Vakansiinfo, Jakarta – Dalam mendukung program KSD 20 mengenai Rencana Aksi ‘Implementasi Street Kiosk’ Program Penyediaan Ruang Usaha. JXB membangun Jakarta Creative Zone by JXB-Buy Local, yang berlokasi di Jalan Sudirman, Spot Budaya Dukuh Atas. Peluncuran di lakukan pada Kamis (14/06/2023) yang di hadiri oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Pemprov DKI Jakarta Sri Haryati. Wakil Walikota Jaksel Edi Sumantri, para kepala dinas dan jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dewan Komisaris dan Direksi JXB, serta perwakilan seluruh BUMD DKI Jakarta.

Fasilitas yang mengintegrasikan pariwisata, UMKM dan ruang publik kreatif ini. Di harapkan dapat menjadi kebanggaan dan persembahan bagi masyarakat seiring menyambut kemeriahan HUT DKI Jakarta.

Baca juga: Kadisparbud Dan PHRI Kota Bogor Berikan Apresiasi Kepada Padjajaran Suites Resort & Convention Hotel, Gelar Senam Sehat Bareng Entrasol, Bagi-bagi 1541 Cup Teh Walini

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Sri Haryati mengapresiasi hadirnya Jakarta Creative Zone by JXB-Buy Local. “Dengan hadirnya Buy Local maka akan berkontribusi pada peningkatan sektor pariwisata dan UMKM. Kedua sektor yang sedang terus kami gencarkan untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat ekonomi. Sebanyak 60% pelaku usaha ekonomi Jakarta berasal dari UMKM sehingga hadirnya fasilitas ini memberikan ruang dan semangat kepada UMKM,” jelas beliau.

Creative Zone by JXB-Buy Local adalah sebuah fasilitas yang di tujukan untuk masyarakat, termasuk turis, maupun pejalan kaki di Jakarta. Fasilitas ini menjadi pusat informasi pariwisata dan penjualan souvenir khas Jakarta yang juga di lengkapi area duduk, instalasi kreatif, ruang komunal dan souvenir Vending Machine. Creative Zone by JXB-Buy Local berupaya mengakomodasi kebutuhan masyarakat terutama bagi pelaku usaha dan mereka yang berkegiatan di tengah kota Jakarta.

Baca Juga  Kemendag Sosialisasi di UMJ, Beli dan Gunakan Produk Dalam Negeri, Selamatkan Ekonomi Bangsa

Baca juga: Pelindo Berkolaborasi Bersama Plasticpay Wujudkan Sirkular Ekonomi Pada Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia

“Tentu program ini akan membutuhkan kolaborasi dari rekan-rekan semua. Saya mengajak rekan-rekan semua untuk bergabung, bersinergi dan sama-sama menghadirkan fasilitas pariwisata yang mumpuni di tengah kota. Kami juga mengundang UMKM untuk memanfaatkan ruang ini agar produknya lebih dekat dengan masyarakat,” ujar Novita Dewi, Direktur Utama JXB. Beliau juga menjelaskan bahwa Buy Local ramah terhadap penyandang disabilitas karena bangunan di rancang untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Salah satunya dengan menambahkan ramp pada bangunan.

Kaloborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Creative Zone by JXB – Buy Local akan menjadi pusat informasi pariwisata, serta berkolaborasi dengan Dinas PPKUKM dan Jakpreneur untuk menghadirkan produk UMKM yang terkurasi. Terdapat pula JXB Creative Box yaitu vending machine yang menjual souvenir khas Jakarta. Dengan lokasinya yang strategis, ini akan memudahkan masyarakat dan turis yang sedang mencari souvenir khas Jakarta. Diharapkan Buy Local dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para komunitas, pegiat seni maupun pelaku usaha sehingga nantinya Buy Local dapat berkontribusi pada peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga  Sebanyak 34 UMKM Binaan KKP Ikuti IISM dan ICC Expo

Creative Zone by JXB-Buy Local adalah ruang publik dan ruang kreatif yang inklusif. Fasilitas ini menyediakan ruang untuk siapa saja yang ingin memamerkan karyanya. Kitaoneus Asia yang merupakan wadah advokasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus, juga telah bergabung di Buy Local. Ada pula kolaborator lainnya, yaitu Sepiring Indonesia, Reka Rekat, Titoria by Caramia, Minilab 99 dan Peggy’s Art.

Baca juga: KLHK Perkuat Rantai Nilai Pengelolaan Sampah Menuju Ekonomi Sirkular

Saat ini JXB sudah memiliki dua titik creative zone dengan dua edisi berbeda yaitu Jakarta Creative Zone by JXB-Riverview dan Jakarta Creative Zone by JXB – Buy Local! yang berada di Taman Dukuh Atas. Berbeda tema dengan edisi Buy Local. Jakarta Creative Zone by JXB-Riverview di lengkapi dengan smart glass toilet, area kuliner serta ruang interaksi sebagai tempat aktivasi kreatif di ruang publik.

Novita juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan dari Pemprov DKI Jakarta, kolaborator dan masyarakat. “Keberhasilan JXB pada hari ini tentunya berkat sinergi yang terjalin dari semua pihak. Kami berharap ekspansi kami dalam membangun Jakarta Creative Zone by JXB tidak berhenti di sini. Akan ada lagi zona kreatif lainnya yang hadir di berbagai lokasi di Jakarta,” tutup Novita.

(Mur)