You are currently viewing Sebanyak 34 Provinsi Mengikuti Lomba Cerdas Cermat Museum 2023 Kemendikbudristek

Vakansiinfo, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Museum Nasional Indonesia (MNI). Kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Nasional untuk SMP/MTs pada 09 s/d 14 Oktober 2023. Pagelaran yang di laksanakan untuk yang kesembilan kalinya ini sejak 2015, di ikuti oleh 102 peserta perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Sebelumnya, pada 2022 lalu hanya peserta dari 32 provinsi yang mengikuti kegiatan ini.

Saat membuka secara resmi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Fitra Arda. Menuturkan bahwa peran museum tidak hanya melindungi, mengembangkan, dan menyimpan koleksi saja. Namun juga perlu mengomunikasikan karya seni budaya kepada masyarakat.

“Selamat berlomba para peserta LCCM 2023. Kalian merupakan agen-agen kita untuk menginformasikan substansi tentang kebudayaan dengan caranya masing-masing. Inilah pentingnya komunikasi dalam bidang kebudayaan.” Ujar Fitra dalam sambutannya, di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, pada Senin (09/10/2023).

Ajang LCCM, kata Fitra, dapat meningkatkan cara berpikir kritis generasi muda akan topik-topik tentang kebudayaan. Pentingnya mentalitas serta keberanian, menurutnya menjadi salah satu faktor keberhasilan.

“Dengan LCCM ini semoga aset-aset kebudayaan kita bisa menjadi bagian dari pembangunan. Kita tinggal menarasikan kekayaan budaya kita menjadi suatu pengetahuan yang bisa di pakai di masa kini dan masa depan,” ujar Fitra.

Sementara itu, Kepala Unit Museum Nasional Indonesia, Ni Luh Putu Candra Dewi, mengatakan, Ajang ini untuk menjalin sportivitas dan kebersamaan peserta dari berbagai provinsi.

Lomba Cerdas Cermat Museum 2023

“LCCM tidak hanya mengajarkan pengetahuan keilmuan seperti sejarah, budaya, permuseuman. Namun juga bisa saling mempererat wawasan Nusantara yang menjadi sebuah karakter identitas bangsa,” tutur Candra.

Candra berharap, LCCM dapat menjadi inspirasi dan pembelajaran kebudayaan, serta budi pekerti. Menurutnya, museum dapat di jadikan sekolah kedua dalam mengajarkan kearifan lokal kepada masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia.

“Kompetisi ini tidaklah sekadar mencari SDM yang unggul dan tangguh, namun ingin menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan generasi muda. Ingat, belajar tidak mengenal batas sehingga museum pun dapat menjadi sekolah kedua,” ungkap Candra.

LCCM tahun ini mengangkat tema “GEMILANG: Generasi Emas Indonesia Cerlang”. Melalui tema ini, Museum Nasional Indonesia ingin mengajak generasi emas Indonesia untuk belajar tentang segala hal mulai dari kehidupan sehari-hari di Nusantara. Mengenal keragaman etnik dari penjuru negeri, berkontemplasi dengan nilai-nilai kebajikan leluhur, hingga menikmati beragam keindahan kekayaan warisan budaya dari berbagai daerah di Nusantara.

Melalui LCCM 2023, akan lahir generasi emas Indonesia berkarakter pemimpin unggul masa depan yang dapat menyebarkan informasi mengenai sejarah, budaya, dan permuseuman Indonesia.

Dalam pelaksanaanya, LCCM di awali dengan babak penyisihan. Sebanyak 34 provinsi di bagi ke dalam sembilan grup untuk beradu kecerdasan dan kecermatan. Dalam hitungan waktu mengenai soal-soal permuseuman, kebudayaan Indonesia, dan sejarah perjuangan bangsa. Setiap babak terdapat pertanyaan wajib, wajib-rebut, cepat-tepat, benar-salah, dan rebutan. Nilai di akumulasi dari babak penyisihan grup menuju semifinal, final juara harapan I, II, III, dan final juara utama I, II, dan III.

Peserta perwakilan provinsi yang mendapatkan juara utama dan juara harapan berhak mendapatkan sertifikat, medali, piala, hingga uang pembinaan. Selain itu, juara utama satu berhak mendapatkan piala Mahavidya, yaitu piala bergilir dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Piala Mahavidya mewakili semangat LCCM dalam berkompetisi merayakan pengetahuan, intelektualitas, dan prestasi. Kategori perlombaan selanjutnya yaitu Yel-Yel Favorit pilihan dewan juri serta Provinsi Favorit yang di pilih oleh masyarakat luas melalui tautan yang di bagikan instagram @LCCMuseum. Kedua kategori tersebut akan di umumkan pada penutupan LCCM.

( *)