You are currently viewing Suzzanna Malam Jumat Kliwon, Film Paling Di Tunggu Tahun 2023

Vakansiinfo, Jakarta – Yang lama di tunggu akhirnya datang juga. Film terbaru “Suzzanna Malam Jumat Kliwon” akhirnya resmi tayang di bioskop Indonesia mulai 3 Agustus 2023.

Penayangan pertama film ini di Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu (29/07/2023). Dengan premis horor dan cinta yang menarik untuk di tonton. Film “Suzzanna Malam Jumat Kliwon” bertutur  tentang Suzzanna (di perankan Luna Maya). Yang mencoba hidup bahagia bersama kekasihnya, Surya (Achmad Megantara).

Suzzanna Malam Jumat Kliwon

Karena hutang akibat judi sabung ayam bapaknya. Membuat keluarga Suzzanna menyerah dan memilih Suzzanna di jadikan sebagai jaminan. Yang pada akhirnya  Suzzanna pun akhirnya di jadikan sebagai istri kedua oleh si pemberi utang bernama Raden Aryo (Tyo Pakusadewo). Aryo mengambil Suzzanna sebagai istrinya karena hingga tua dirinya bersama istri pertamanya, Minati (Selly Marcelina) belum juga di karuniai anak.

Surya yang mendengar kabar tersebut pun sedih. Dan sempat mengacaukan pernikahan Suzzanna dan Raden Aryo hingga ia babak belur di gebuki. Surya pun terpaksa mundur dan memilih untuk menghindari Suzzanna selama beberapa waktu.

Di sisi lain, Suzzanna yang sedang hamil mendapatkan berbagai teror aneh yang di sebabkan oleh istri pertama Raden Aryo, yakni Minati. Dengan segala cara, Minati melancarkan santetnya pada Suzzanna. Dan menyebabkan Suzzana kehilangan nyawa saat melahirkan sang anak.

Surya yang masih mencintai Suzzanna pun menggali kuburan Suzzanna untuk memastikan kabar kematiannya yang ganjil. Surya membawa mayat Suzzanna ke sana ke mari. Pada akhirnya Surya pun membuat kesepakatan dengan iblis untuk membangkitkan kembali Suzzanna.

Baca Juga  Sambutan Hangat Penonton Mengalir di Gala Premiere Pemukiman Setan, Film Horor Aksi Terbaru dari Charles Gozali

Syaratnya, iblis tersebut ingin menebus kebangkitan Suzzanna. Dan menggantinya dengan nyawa bayi Suzzanna yang baru di lahirkan tersebut. Surya pun setuju dengan syarat itu hingga Suzzanna bangkit kembali.

Setelah Suzzanna bangkit, hal pertama yang di carinya adalah keberadaan sang anak. Ia bersama Surya pun mencoba untuk menyelamatkan anaknya yang masih berada di rumah Raden Aryo.

Minati yang bertugas mengurus anak Suzzanna pasca kematiannya  selalu berusaha mencelakai anak itu. Suzzanna dan Surya pun berusaha mengambil kembali anak itu karena nyawa sang anak yang sedang terancam.

Akankah Suzzanna dan Surya berhasil menyelamatkan sang anak?

Apakah pembalasan dendam atas kematian Suzzanna berhasil di lakukan?

Meskipun premis film “Suzzanna Malam Jumat Kliwon” adalah horor. Unsur drama di dalamnya pun tidak luput dari perhatian tim produksi dan menarik untuk di simak. Suzzanna yang sebelumnya memiliki ikatan kekasih dengan Surya pun cukup memancing emosi penonton karena akting antara Luna Maya dan Achmad Megantara.

Suzzanna yang sudah menikah dan masih menyimpan rasa pada Surya sekilas seperti sebuah pengkhianatan terhadap suaminya. Namun, pernikahan paksa yang terjadi pada Suzzanna cukup membuat penonton memaklumi sikap Suzzanna.

Suzzanna pun tidak pernah melewati batas, meskipun dirinya masih mencintai Surya. Ia juga di gambarkan sebagai seorang istri yang patuh dan berusaha menjadi ibu yang baik di masa kehamilannya.

Unsur Budaya Dalam Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon

Misalnya saja dengan syukuran panen. Di adegan tersebut, terlihat beberapa penari menarikan tarian khas Jawa Timur. Yang menandakan di mulainya musim panen.

Baca Juga  Film Siksa Kubur Raih 257.871 Penonton Pada Hari Pertama Tayang

Dahulu, masyarakat pedesaan di berbagai wilayah Indonesia. Jawa Timur salah satunya, cukup sering mengadakan syukuran dan pesta untuk menyambut musim panen. Hingga kini pun masih banyak masyarakat perdesaan yang melakukan hal serupa sebagai bentuk ucapan syukur dan meminta keberkahan atas panen mereka.

Pembukaan film pun terlihat bentuk budaya lainnya. Saat Surya melakukan tanding dengan tangan kosong bersama seorang pria lainnya di atas lumpur. Di sebagian daerah di Indonesia, pertandingan dengan tangan kosong di atas lumpur juga di lakukan sebagai bentuk pertandingan dan simbolisasi dari kejantanan seorang pria.

Kehadiran duo hansip turut menyemarakkan sentuhan budaya di dalam film tersebut. Opie Kumis dan Adi Bing Slamet merupakan seniman Indonesia yang memiliki ciri khas bertutur dengan bahasa Betawi.

Film “Suzzanna Malam Jumat Kliwon” di sutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan di produseri oleh Sunil Soraya. Film tersebut di bintangi oleh sederet aktor dan aktris populer. Antara lain Luna Maya, Achmad Megantara, Tyo Pakusadewo, Selly Marcelina, Taskya Namya, Adi Bing Slamet, Opie Kumis, dan Clift Sangra.

Film “Suzzanna Malam Jumat Kliwon” yang memiliki durasi sekitar 132 menit tersebut. Dapat di saksikan di bioskop seluruh Indonesia mulai 3 Agustus 2023. Akankah penonton menyambut antusias film ini hingga sukses seperti film-film sebelumnya?

(Sam)