You are currently viewing The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Dorong Pertumbuhan Inklusif Ekonomi Akar Rumput lewat Strategi Kolaboratif
Kanan ke Kiri, Menteri Komunikasi dan Informatika RI 2014-2019, Rudiantara, CEO of Trans Digital Lifestyle, Putri Tanjung, Founder and CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra

The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha, merupakan bagian dari rangkaian perjalanan 14 tahun Amartha sebagai penyedia layanan keuangan digital inklusif

Vakansiinfo – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), prosperity platform yang menghadirkan layanan keuangan digital inklusif untuk komunitas akar rumput, akan menyelenggarakan The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun Amartha yang ke-14. Acara ini akan di laksanakan pada 21 dan 22 Mei 2024 mendatang di Jakarta. Berkolaborasi dengan lembaga partner seperti Women’s World Banking, SME Finance Forum, Accion, dan International Finance Corporation (IFC) guna mempromosikan potensi ekonomi akar rumput di Indonesia secara lebih masif.

Founder & CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra, dalam keterangannya saat acara konferensi pers (14/05/2024) menyampaikan. “Amartha mencatatkan performa keuangan yang sehat dan kuat dengan status profitable selama tiga tahun terakhir. Untuk itu, kami mengajak multiple stakeholders seperti entrepreneur, investor, regulator, innovator dan MSMe (Micro, Small and Medium Enterprises) Finance Leader. Untuk berkolaborasi bersama memajukan ekonomi masyarakat di piramida terbawah.”

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada tahun 2021. Usaha mikro menjadi yang paling dominan dalam struktur UMKM nasional yang berjumlah 63,9 juta atau mengisi 99,62% dari total unit usaha di Indonesia.

Baca Juga  The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Mendorong Potensi Ekonomi Akar Rumput Di Asia Melalui Kolaborasi Dan Inovasi Dalam Teknologi Dan Keuangan

Lebih lanjut, jika di nilai berdasarkan jumlah kontribusi terhadap PDB. Usaha mikro bahkan memiliki kontribusi 37,4% hampir sama jumlahnya dengan perusahaan berskala besar yaitu 39,5% pada tahun 2019.

Peningkatan kapasitas agar usaha mikro dapat naik kelas salah satunya dapat di wujudkan dengan melakukan digitalisasi UMKM. Dan memperluas akses keuangan inklusif di pedesaan.
The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Dorong Pertumbuhan Inklusif Ekonomi Akar Rumput lewat Strategi Kolaboratif
Kanan ke Kiri, CEO of Trans Digital Lifestyle, PutriTanjung, Menteri Komunikasi dan Informatika RI 2014-2019, Rudiantara, Founder and CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tahun 2014-2019, Rudiantara pada kesempatan yang sama menjelaskan. “Inovasi teknologi bukan sekadar pilihan, melainkan keharusan yang mendesak bagi peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM. Untuk mempercepat proses ini, kebijakan yang inklusif di perlukan. Seperti peningkatan kapabilitas digital bagi pelaku UMKM. Penyediaan infrastruktur digital yang merata. Kebijakan-kebijakan terkait perizinan,. Serta kolaborasi antar pihak, dapat mengakselerasi kemajuan ekonomi akar rumput di Indonesia. Yang sudah memiliki potensi besar untuk terus bertumbuh.”

Sementara itu, CEO of Trans Digital Lifestyle Group, Putri Tanjung menyampaikan. “Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sebesar 64,5% UMKM di Indonesia di kelola oleh perempuan. Sehingga, penguatan terhadap sektor ini berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional yang lebih inklusif. Hal ini turut memiliki multiplier effect yang signifikan dalam penciptaan lapangan kerja baru, perbaikan gizi keluarga, peningkatan akses pendidikan bagi anak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, forum ini di harapkan dapat menjadi permulaan dalam memajukan perempuan melalui akses keuangan inklusif.”

Baca Juga  The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha: Mendorong Potensi Ekonomi Akar Rumput Di Asia Melalui Kolaborasi Dan Inovasi Dalam Teknologi Dan Keuangan

Amartha sebagai pionir dan terdepan dalam berinovasi memajukan ekonomi akar rumput. Sebelumnya telah menjalin kemitraan strategis dengan berbagai organisasi internasional dan regional yang kredibel dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi inklusif.

Melalui forum The 2024 Asia Grassroots Forum, Hosted by Amartha, diharapkan dapat menjadi katalisator dalam menyediakan platform kolaborasi bagi multiple stakeholders terhadap segmen akar rumput melalui agenda scaling impact, digitalisasi UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif.

“Kesuksesan penyelenggaraan forum ini tentu tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat luas. Kami percaya, bahwa mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dapat terealisasi jika dilakukan dengan berbagai upaya kolektif. Maka dari itu, untuk menyemarakkan forum ini kami mengajak masyarakat untuk bergabung secara virtual dengan menyaksikan langsung di akun resmi Youtube Amartha. Kami berharap forum ini akan menggerakkan banyak pihak untuk menjadikan segmen akar rumput sebagai garda depan ekonomi Indonesia”.

(Eff)