You are currently viewing Tips Menjaga Kesehatan Di Tengah Polusi

Vakansiinfo – Kualitas udara di Jakarta saat ini sedang menjadi perhatian. Karena berada dalam kondisi yang kurang baik akibat polusi udara yang mengandung zat beracun atau Particulate Matter (PM) 2.5. Sehingga dapat membahayakan bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Kondisi ini di pengaruhi oleh banyak faktor, sebagian besar di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan industri.

Polusi udara merupakan percampuran dari berbagai zat yang dapat mengubah karakteristik atmosfer dan dapat berdampak pada kesehatan. Perlu di ketahui, polusi udara dapat terjadi di luar ataupun di dalam ruangan. Untuk mencegah masalah kesehatan akibat dari polusi udara, ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan, antara lain:

Kurangi aktivitas di luar ruangan dan gunakan masker

Untuk mengurangi terkena polusi udara, kita dapat mengurangi atau membatasi aktivitas di luar ruangan. Jika Anda memiliki aktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker untuk melindungi Anda dari paparan polusi.

Menutup jendela dan pintu rumah

Penting untuk menutup jendela dan pintu rumah karena udara yang tidak baik. Tujuannya agar udara di dalam ruangan tidak ikut tercemar dari paparan polutan yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

Baca Juga  Jus Alpukat Untuk Asam Lambung

Mandi setelah bepergian

Saat setelah melakukan aktivitas luar ruangan, akan lebih baik untuk mandi dengan air bersih. Cara ini membantu menghilangkan kotoran atau polusi udara yang menempel pada kulit atau rambut.

Menjaga gaya hidup sehat dan lingkungan

Selain memperhatikan kondisi udara, kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup serta kondisi lingkungan di sekitar kamu. Lakukan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bersih dan bergizi, rajin berolahraga, minum air putih yang cukup, dan lain-lain. Selain itu, perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar agar tetap bersih dan terjaga.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dan minum vitamin

Polusi udara dapat berpengaruh pada saluran pernapasan. Maka dari itu, sebaiknya kamu dan keluarga mengonsumsi air mineral yang cukup guna membantu mengurangi iritasi dan gejala pernapasan. Dan selalu minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Segera pergi ke Dokter bila Anda atau anggota keluarga mengalami keluhan kesehatan. Karena itu merupakan cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan.

(Ati)