You are currently viewing Tips Merawat Tanaman Monstera Mudah Dan Sederhana

Vakansiinfo – Selain bisa menghadirkan suasana menjadi semakin segar, tanaman juga sering di gunakan untuk menambah warna pada interior rumah. Salah satu tanaman yang sering di gunakan adalah Monstera deliciosa.

Tanaman Monstera memiliki daun yang lebar dan berlubang. Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penghuni rumah ataupun tamu yang berkunjung. Akan tetapi, butuh upaya agar daun monstera benar-benar bisa tumbuh segar dan cantik.

Berikut ini tips cara perawatan tanaman monstera yang dapat anda terapkan:

Letakkan tanaman Monstera pada tempat yang memiliki cahaya yang cukup

Monstera memang jenis tanaman yang tidak terlalu suka sinar matahari langsung. Walau demikian tetap memerlukan pencahayaan yang cukup supaya bayangannya bisa bagus. Anda bisa menaruh monstera di samping jendela atau sudut dalam rumah yang punya cahaya cukup terang.

Perhatikan kadar air saat penyiraman

Sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin tetapi tidak terlalu sering, seminggu sekali misalnya. Pastikan juga banyak air yang di siram tidak menggenang di bawah pot, karena bisa membuat akarnya menjadi busuk. Siram di waktu sore, karena monstera akan menyerap air setelah di siram pada waktu sore hari.

Baca Juga  Penyebab Jerawat Dan Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Untuk Remaja

Nutrisi pupuk yang cukup

Bila sebelumnya Anda sudah mencampurkan tanah dan kompos, pemberian pupuk hanya perlu di lakukan sebanyak lima kali saja dalam setahun. Tidak harus pupuk tertentu, gunakan saja yang memang di jual di pasaran. Sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan pupuk sesuai yang ada di kemasan.

Pastikan struktur penyangga monstera cukup kuat agar daunnya bisa tumbuh lebat

Sebenarnya memang bisa pakai pot, tapi bila ingin lebih kuat, Anda bisa membuat ruang di pinggir tembok agar bisa di tanami monstera. Jika Anda ingin memakai daun monstera untuk menghias ruangan, sebaiknya tunggu hingga ia menggugurkannya sendiri daunnya. Karena bila di potong sendiri kalau caranya salah bisa membuat daun lainnya menjadi layu.

Tips Merawat Tanaman Monstera Mudah Dan Sederhana

Ganti pot secara berkala

Jika akar Monstera sudah mulai melingkari dalam pot, sebaiknya segara ganti potnya. Gunakan pot baru yang memiliki lebar lima hingga 50 sentimeter dari pot sebelumnya. Waktu di pindahkan, usahakan memakai tanah yang berkualitas tinggi.

Bersihkan daun yang mulai tumbuh besar

Sisihkan waktu setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan daun. Sebab, daun Monstera yang besar biasanya akan di penuhi debu. Jika daun bersih rumah akan jadi lebih segar dan hijau daunnya juga enak di pandang.

Baca Juga  Tips dan Trik Supaya Anak Mau Makan dengan Asupan Nutrisi Seimbang

Sebenarnya cara merawat tanaman monstera ini tidak sulit. Bila cara di atas sudah di lakukan maka Anda akan mendapatkan monstera dengan daun yang cantik dan lebar. Tak kalah penting pastikan tidak ada gulma yang menggangu monstera Anda. Agar tidak cepat layu dan kuning.

(Rev)