You are currently viewing Wisata Sejarah Keraton Kesepuhan Cirebon, Memperkenalkan Kejayaan Sejarah Jawa Barat

Vakansiinfo – Di tengah kota Cirebon, Jawa Barat, terdapat sebuah tempat yang memancarkan kejayaan sejarah dan budaya Jawa. Lokasinya berada di Jl. Kasepuhan, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tentunya berwisata sambil belajar sejarah bersama keluarga atau kerabat sangat di rekomendasikan. Untuk jam operasional dari Keraton Kesepuhan Cirebon buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Dan harga tiket masuknya sebesar Rp 20.000.

Keraton Kesepuhan Cirebon, merupakan sebuah istana kerajaan yang telah bertahan selama berabad-abad. Dan menjadi simbol penting dari masa lalu yang kaya dan megah. Sebagai salah satu keraton tertua di Pulau Jawa, Keraton Kesepuhan Cirebon memiliki banyak cerita menarik untuk di ceritakan.

Keraton kesepuhan Cirebon 

Sejarah Keraton Kesepuhan Cirebon dapat di telusuri kembali ke abad ke-15, ketika Kesultanan Cirebon berdiri. Keraton ini di bangun pada masa pemerintahan Pangeran Cakrabuana, putra dari Sunan Gunung Jati. Seorang tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah Jawa Barat.

Dalam sejarahnya, Keraton Kesepuhan Cirebon mengalami berbagai perubahan dan transformasi arsitektur. Bangunan keraton yang ada saat ini sebagian besar berasal dari abad ke-18 dan merupakan campuran dari gaya arsitektur Jawa, Sunda, dan Islam. Struktur utamanya terdiri dari beberapa paviliun, termasuk Pagelaran, Kasepuhan, Kacirebonan, dan Kanoman. Setiap paviliun memiliki keunikan arsitektur dan fungsi tertentu, seperti tempat pertemuan, tempat tinggal, dan ruang pameran seni.

Baca Juga  Pancar Garden Sentul Bogor Tempat Nongkrong Dengan View Alam Yang Bikin Betah

Seni budaya daya tarik Keraton kesepuhan Cirebon

Salah satu daya tarik utama Keraton Kesepuhan Cirebon adalah seni dan budaya yang terkait dengannya. Keraton ini menjadi pusat pelestarian budaya Jawa Barat, dengan banyak koleksi seni berharga yang di pamerkan di dalamnya. Dalam keraton ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam benda seni, seperti wayang kulit, keramik, kain batik, dan berbagai jenis kerajinan tangan tradisional. Banyak dari koleksi ini merupakan warisan dari masa-masa kejayaan kerajaan Cirebon.

Keraton kesepuhan Cirebon 

Selain itu, di Keraton Kesepuhan Cirebon juga terdapat tempat-tempat suci yang memiliki nilai religius dan sejarah yang kuat. Salah satunya adalah Masjid Sang Cipta Rasa, sebuah masjid bersejarah yang di bangun pada tahun 1480 oleh Sunan Gunung Jati. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan merupakan contoh arsitektur Islam yang indah. Pengunjung yang datang ke Keraton Kesepuhan Cirebon juga dapat mengunjungi Makam Keramat Gunung Jati, tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Gunung Jati.

Selama bertahun-tahun, Keraton Kesepuhan Cirebon telah menjadi pusat kegiatan budaya dan acara tradisional. Setiap tahun, keraton ini menjadi tuan rumah untuk perayaan dan upacara adat, seperti pengukuhan raja, upacara pernikahan kerajaan, dan pentas seni tradisional. Acara-acara ini memberikan kesempatan bagi masyarakat lokal dan wisatawan untuk mengenal dan menghargai kebudayaan Jawa Barat.

Baca Juga  Destinasi Wisata Terbaru Yang Lagi Viral, The Nice Park Rumpin Bogor Manjakan Keluarga Dan Anak-anak

Keraton Kesepuhan Cirebon bukan hanya sekadar monumen bersejarah. Tetapi juga memainkan peran penting dalam mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya Jawa Barat. Dengan mengunjungi keraton ini, pengunjung dapat memahami lebih dalam tentang sejarah, seni, dan tradisi yang menjadi warisan berharga bagi masyarakat Cirebon dan Indonesia secara keseluruhan.

Sebagai salah satu peninggalan bersejarah yang masih terjaga dengan baik, Keraton Kesepuhan Cirebon telah menjadi destinasi wisata yang populer. Pemerintah dan lembaga terkait terus berupaya dalam upaya pelestarian dan pemeliharaan keraton ini, sehingga generasi mendatang dapat terus menghargai dan mengenal keagungan masa lalu.

Dengan keindahan arsitektur, kekayaan seni, dan nilai sejarah yang melekat padanya, Keraton Kesepuhan Cirebon akan terus menjadi saksi bisu dari kejayaan Jawa Barat.

(Mur)