You are currently viewing Wonderful Indonesia Dukung Kesuksesan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2023

Vakansiinfo, Lombok Tengah – Kemenparekraf/Baparekraf mendukung kesuksesan pelaksanaan MotoGP Mandalika (IndonesianGP) 2023 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit pada 13 hingga 15 Oktober 2023.

Salah satu bentuk dukungan adalah pemasangan nation branding Wonderful Indonesia di berbagai titik di dalam sirkuit Mandalika dan sekitarnya. Branding Wonderful Indonesia di tempatkan di tikungan 16 dan 18 sirkut Mandalika, Wonderful Hiils (Bukit 360), dan beberapa titik lainnya.

Kemenparekraf mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika (IndonesianGP) 2023 dengan pemasangan nation branding Wonderful Indonesia di berbagai titik di dalam sirkuit Mandalika dan sekitarnya, Lombok, pada Sabtu (14/10/2023).

Selain itu, brand Wonderful Indonesia juga akan di pasang di kendaraan yang akan membawa pembalap MotoGP dalam parade keliling sirkuit Mandalika sebelum sesi warm up lap.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, pada Sabtu (14/10/2023), mengatakan. MotoGP Mandalika merupakan salah satu event wisata olahraga (sport tourism) terbesar tanah air. Mempromosikan nation branding Wonderful Indonesia di event balap motor terbesar di dunia ini adalah strategi yang efektif.

Baca Juga  Dukung Moto GP Mandalika 2023, Menpora Dito Sambut Baik Mandalika Racing Academy untuk Lahirkan Pembalap Muda Indonesia

Balapan yang di selenggarakan oleh Dorna ini rencananya akan di liput sekitar 119 media patner. Dan menjangkau lebih dari 200 negara dan semakin membuat Wonderful Indonesia di kenal dunia.

“Keramaian pengunjung pada ajang MotoGP Mandalika baik secara langsung maupun melalui tayangan langsung internasional merupakan momentum yang efektif untuk berpromosi. MotoGP memiliki kelompok pendukung yang fanatik dalam jumlah besar. Hal itulah yang kami garap terlebih Indonesia merupakan salah satu fans terbesar MotoGP di dunia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Tidak hanya di dalam sirkut, Wonderful Indonesia akan menyemarakkan area di luar sirkut dalam berbagai bentuk. Seperti signage, neon box, umbul-umbul, shuttle bus serta pada side event Mandalika Seru, bazar ekonomi kreatif yang berlangsung selama tiga hari. Yang akan memberikan kesempatan untuk pelaku ekonomi kreatif untuk di kenal masyarakat luas.

Wonderful Indonesia Dukung Kesuksesan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2023

Menparekraf Sandiaga mengatakan, dalam country brand strategy rating, Wonderful Indonesia berada di peringkat 25. Hal ini tentu menambah daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Wonderful Indonesia sebagai brand equity telah menjadi identitas dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang telah di kenal di dunia.

“Event MotoGP Mandalika juga menjadi strategi untuk memperkenalkan salah satu destinasi super prioritas Mandalika dan tentunya untuk mendorong masyarakat agar berwisata #DiIndonesiaAja”, tambah Sandiaga.

Baca Juga  Kemenparekraf Hadirkan Planogram Goes To Mandalika 2023 di Bandara Lombok

Sandiaga mengatakan, dirinya optimistis bahwa industri wisata olahraga MotoGP akan menjadi peluang yang terus berkembang. Di tambah lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan Mandalika selama 10 tahun sejak tahun 2021.

Merujuk MotoGP Mandalika 2022, penyelenggaraan event tersebut memberikan dampak ekonomi mencapai Rp3,57 triliun bagi perekonomian NTB. Dan Rp 4,5 triliun bagi perekonomian nasional serta menyerap tenaga kerja 4.600 orang.

“Kita harapkan (event) ini bisa membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Kami meyakini bahwa ini adalah kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” kata Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengajak masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023.

“Mari kita dukung terus pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, datang ke Mandalika, ramaikan event MotoGP. Tentunya wisata terbaik #DiIndonesiaAja dan jangan lupa untuk #BeliKreatifLokal”, ungkap Made Marthini.

( *)