You are currently viewing Air Terjun Kali Pancur Wisata Alam di Semarang Atas yang Megah

Vakansiinfo – Saat Anda berada di kota lumpia Semarang, tidak hanya di manjakan dengan berbagai kuliner yang lezat. Di kota ini, Anda juga bisa menikmati keindahan alam berupa air terjun yang megah. Salah satu wisata alam Semarang yang menawan dan megah, yaitu Air Terjun Kali Pancur.

Lokasi objek wisata ini cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Telomoyo dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Pengelolaan air terjun ini masih berada di tangan masyarakat desa sekitar, sehingga seluruh dana yang masuk dari pengunjung. Seperti tiket masuk dan biaya parkir, di gunakan untuk meningkatkan pembangunan fasilitas objek wisata. Fasilitas yang tersedia meliputi toilet umum yang bersih, mushola lengkap dengan sarung, mukena, dan sajadah, serta lahan parkir.

Anda bisa mendatangi objek wisata yang di kenal dengan sebutan Semarang Atas ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Lokasinya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Semarang. Jarak tempuh sekitar 14,5 km dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Rute yang harus di lalui adalah mengikuti jalan Lingkar Selatan Salatiga menuju jalan Raya Kopeng, kemudian lurus terus hingga tiba di jalan Magelang, Salatiga. Selanjutnya, lanjutkan perjalanan sampai jalan Raya Banyubiru hingga tiba di daerah Gejayan. Di area ini, banyak papan informasi yang menunjukkan jalan menuju air terjun hingga tiba di area parkir Air Terjun Kali Pancur.

Baca Juga  Truntung Teduh Bogor, Rekomendasi Liburan Bersama Keluarga

Jika Anda berencana menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Kemudian, pilih bus yang menuju Kopeng dan turun di Desa Wates. Selanjutnya, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Harga tiket masuk ke tempat wisata alam air terjun ini cukup ramah di kantong, yaitu sebesar Rp5.000. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Harga tiket masuk berlaku setiap hari, baik hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur nasional.

Pesona Alam Air Terjun Semarang

Dari area parkir, Anda harus menuruni sekitar 900 anak tangga terlebih dahulu untuk tiba di lokasi air terjun. Tingkat kemiringan anak tangga ini bervariasi, ada yang mencapai 70 derajat dan ada pula yang mencapai 90 derajat. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan stamina, perbekalan yang cukup, serta pakaian yang sesuai agar perjalanan wisata Anda tidak terganggu.

Ketinggian Air Terjun Kali Pancur ini sekitar 100 meter. Sambil menyusuri anak tangga, Anda bisa menikmati jajaran pepohonan yang rimbun. Untuk waktu terbaik menikmati keindahan alam air terjun ini, datanglah sekitar jam 8 pagi dan kembali ke Semarang sebelum jam 17.00. Sebab, kawasan ini akan menjadi gelap gulita setelah pukul 17.00.

Baca Juga  Sambut Tahun Baru 2024 Di Nirvana Valley Resorts Tawarkan Pengalaman Menarik Bertemakan "New Year Party"

Pada musim kemarau, jalan di sekitar air terjun dan anak tangga cukup baik, namun debit airnya sangat kecil. Sedangkan di musim hujan, debit air cukup tinggi dan suara air yang menghantam bebatuan terdengar sangat dekat. Namun, Anda harus berhati-hati karena jalanan cukup licin.

Begitu tiba di lokasi, Anda bisa mengambil spot foto di jembatan dan area sekitar air terjun. Kolam utamanya tidak terlalu dalam, cukup aman untuk mengambil foto sambil berdiri di bebatuan sekitar air terjun. Aliran airnya tidak langsung turun menuju kolam utama, melainkan mengguyur bebatuan yang sedikit menonjol pada tebing batu. Perpaduan antara panorama jatuhnya air dan tebing batu yang kokoh menyajikan keindahan alam yang mampu menghapus rasa lelah setelah menuruni ratusan anak tangga.

Tunggu apa lagi, segera jadwalkan perjalanan liburan Anda untuk menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur yang mempesona.

(Eff)