You are currently viewing Apresiasi Menparekraf “Karya Kreatif Indonesia” Percepat UMKM Naik Kelas

Vakansiinfo, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi acara pameran produk UMKM “Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023”. Yang di inisiasi oleh Bank Indonesia (BI) sebagai upaya mempercepat para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM naik kelas.

Menparekraf Sandiaga Uno usai menghadiri pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2023, di JCC, Jakarta, Kamis (27/07/2023) menjelaskan. Pihaknya melihat ini ada bagian dari kolaborasi antara Kementerian/Lembaga. Untuk memastikan para pelaku UMKM bisa menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi. Yang berpihak kepada UMKM dan mengangkat agar mampu naik kelas.

“Kalau di lihat dari KKI tahun-tahun sebelumnya saya mengapresiasi BI. Yang terus meningkatkan dari segi UMKM yang naik kelas ini betul-betul berkualitas. Saya melihat ada potensi peningkatan ekspor produk ekonomi kreatif yang di topang oleh fesyen dan kriya mencapai 26,5 miliar dolar AS. Dan ini adalah bagian dari kita untuk menggerakkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

Peran Penting Karya Kreatif Indonesia (KKI)

KKI memiliki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara stakeholder dan UMKM Indonesia. Serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas. Penyelenggaraan KKI juga mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl) serta mendukung ASEAN 2023.

Baca Juga  Kemenkop UKM Terus Perkuat Kualitas Produk Unggulan Daerah

“Keberpihakan pemerintah kepada UMKM kita wujudkan lintas kolaborasi antara K/L dan BI telah menancapkan poisisnya sebagai lokomotif. Silakan datang ke Karya Kreatif Indonesia. Jangan lupa beli produk-produk kreatif Indonesia dan jangan lupa Bangga Buatan Indonesia,” katanya.

KKI 2023 hadir dengan tema #BadarauNusantara: Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara. UMKM Indonesia harus bangkit dengan semangat kebaruan dan inovasi untuk menyambut peluang baru. Dalam rangka merealisasikan peran UMKM yang semakin signifikan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Berbagai rangkaian acara KKI 2023 meliputi Pameran 300 UMKM Unggulan. Pesona Kopi Nusantara dari 45 UMKM, Talk Show, Business Matching, Pagelaran Karya Kreatif, Creative Makerspace, Ruang Interaksi, dan Showcase Inovasi Teknologi.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini.

(Red)