You are currently viewing ASEAN CFD Jadi Momentum Gaya Hidup sehat

Vakansiinfo, Jakarta – Menteri Kesahatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam acara ASEAN Car Free Day (CFD) pada Minggu (27/08/2023) di Jakarta. Mengatakan hidup sehat itu bukan sebagai pilihan melainkan gaya hidup (Lifestyle).

”Hidup sehat itu bukan pilihan tetapi menjadi gaya hidup jadi jangan lupa hidup sehat banyak bergerak. Makan boleh tapi lebih banyak lagi ngeluarinnya dengan lari olahraga,” Kata Menkes.

Menkes menambahkan masyarakat Indonesia terkena penyakit bukan lagi di sebabkan karena kurang makan. Melainkan banyak makan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, dan kolestrol.

Menkes melanjutkan banyak makan penyebab utama penyakit bukan berarti harus mengurangi porsi makan melainkan harus di imbangi dengan aktivitas fisik. ASEAN CFD inilah yang menjadi inisiatif mengajak masyarakat untuk beraktivitas fisik.

”Untuk yang banyak makan porsinya tidak usah di kurangi yang penting olahraganya. Banyak jalan kakinya banyak naik sepedanya banyak larinya banyak,” Lanjut Menkes.
Menkes melihat salah satu contoh yang baik dari masyarakat adalah setiap hari minggu melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, olahraga, lari dan bersepeda.

Menkes juga berharap Indonesia mampu menggemakan budaya tersebut agar menjadi contoh untuk semua negara ASEAN agar bisa hidup lebih sehat dengan udara yang sehat.

Kegiatan ASEAN CFD ini tidak hanya di lakukan di Jakarta tetapi juga di lakukan di ibu kota-ibu kota lain di negara ASEAN. Dan ini juga menjadi salah satu langkah mengurangi penggunaan kendaran dan mengurangi polusi udara.

( *)