You are currently viewing Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Diberi Makanan Lain Selain ASI Eksklusif

Vakansiinfo – Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lovely Daisy mengatakan. Pemberian makanan lain tidak boleh di lakukan ke bayi hingga usia enam bulan. Dalam hal ini hanya di berikan ASI saja atau istilahnya ASI eksklusif.

ASI eksklusif, artinya bayi hanya di berikan ASI saja, tanpa ada tambahan makanan dan minuman lainnya (kecuali obat obatan dalam bentuk sirup). Dan di berikan saat bayi berumur 0-6 bulan. Pada usia ini, bayi tidak membutuhkan makanan lain, kecuali ASI.

“Makanan terbaik bagi bayi baru lahir adalah ASI. WHO merekomendasikan, sampai bayi berusia enam bulan, tidak di berikan makanan atau minuman lain, kecuali obat dan vitamin atau bayi dengan indikasi medis,” Kata Daisy pada keterangan tertulisnya, Minggu (02/06/2024).

Jika pemberian selain ASI tetap di lakukan, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya sejumlah infeksi pada bayi. Bayi dapat terkena diare dan meningitis, bayi lebih mungkin mengalami intoleransi. Bahkan bisa juga mengakibatkan alergi seperti eksim.

Pemberian makanan dan minuman lain pada bayi baru lahir juga dapat mengganggu proses menyusui. Makanan memberikan rasa kenyang pada bayi dan membuat bayi jarang menyusu, sehingga akan mengganggu produksi ASI.

“Jadi, makanan dan suplemen prelaktal-makanan atau minuman selain ASI yang di berikan kepada bayi sebelum menyusui dalam tiga hari pertama kehidupan, hanya boleh di berikan jika ada indikasi medis.” Pungkas Daisy.

(Mur)