You are currently viewing Berwisata Alam, Edukasi Sampai Kuliner Ada Di Desa Wisata Situ Cangkuang, Pas Banget Buat Liburan Bareng Keluarga

Vakansiinfo – Mau mengisi liburan panjang sekolah berwisata sambil belajar sejarah? Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan destinasi yang tepat.

Karena letaknya yang berdampingan dengan Cagar Budaya Candi Cangkuang, merupakan Candi peninggalan kerajaan Hindu pada abad VIII. Dan di samping Candi ada sebuah makam tokoh penyebar agama Islam Eyang Embah Dalem Arief Muhammad. Selain itu berdampingan pula dengan Rumah Adat Kampung Pulo. Sehingga Wisata Situ Cangkuang menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata edukasi. Karena memiliki sejarah Panjang sejak abad VIII berdasarkan sejarah Candi Cangkuang.

Selain menikmati panorama alamnya di Wisata Situ Cangkuang, pengunjung juga dapat menikmati Cagar budaya, yang letaknya berdampingan dengan Wisata Situ Cangkuang. Hanya menyeberangi Situ Cangkuang dengan menggunakan rakit yang jaraknya kurang lebih 150 meter.

Objek wisata ini lokasinya berada di kp. Lolohan Rt 002/Rw 013 Desa Cangkuang Kecamatan Leles

Kabupaten Garut Jawa Barat. Yang di dirikan pada tanggal 16 Februari 2021 dan di resmikan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan pada tanggal 9 Mei 2021.

Baca Juga  Tempat Camping Dekat Dari Jakarta, Gunung Geulis Campsite Unik Dan Seru

Berwisata Alam, Edukasi Sampai Kuliner Ada Di Desa Wisata Situ Cangkuang, Pas Banget Buat Liburan Bareng Keluarga

Taman Desa Wisata Situ Cangkuang

Taman Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan Taman yang memiliki konsep milenial. Karena taman ini sangat cocok untuk berfoto selfie mengabadikan momen berada di sini. Dan pasti nya akan meramaikan media sosial jika di upload suasana dan kebersamaan Anda di tempat ini.

Berwisata Alam, Edukasi Sampai Kuliner Ada Di Desa Wisata Situ Cangkuang, Pas Banget Buat Liburan Bareng Keluarga

Dermaga Dewi

Dermaga Dewi adalah nama sebuah tempat yang lokasinya berada di bawah Taman Desa Wisata Situ Cangkuang. Untuk menuju Jembatan tersebut kita akan di sajikan panorama yang Indah. Dengan melewati sebuah jembatan yang berada di atas Situ Cangkuang. Selain itu di sampingnya terdapat warung apung yang menyajikan berbagai makanan tradisonal ciri khas Desa Cangkuang. Juga makanan siap saji lainnya.

Berwisata Alam, Edukasi Sampai Kuliner Ada Di Desa Wisata Situ Cangkuang, Pas Banget Buat Liburan Bareng Keluarga

Situ Cangkuang

Danau atau Situ Cangkuang merupakan sebuah wisata alami yang di miliki oleh Cagar Budaya Candi Cangkuang. Keindahan Situ Cangkuang identik dengan sarana tranportasi tradisional yaitu Rakit. Yang sering kita kenal dengan istilah rarakitan atau lalayaran untuk menikmati keindahan wisata di Desa Cangkuang.

Baca Juga  Camping Di Bawah Gunung Padaringan, Tumaritis Campervan Destinasi Ramah Anak Dan Keluarga

Wisata Situ Cangkuang memanfaatkan danau tersebut sebagai wahana air. Dengan adanya perahu naga dan angsa, juga rakit dan lainnya untuk di gunakan para pengunjung menikmati panorama indahnya wisata alam Situ Cangkuang.

Wisata Kuliner dan Kerajinan Tangan

Di Desa Wisata Situ Cangkuang juga memiliki wisata kuliner yang sangat khas. Dengan makanan yang cukup terkenal yaitu Burayot juga makanan tradisional lainnya seperti Bangkerok ketan dan banyak lagi. Selain wisata kuliner kerajinan tangan sangat populer di Wisata Situ Cangkuang. Seperti kerajinan tangan miniatur Rakit, Candi yang terbuat dari kayu juga bambu. Selain itu ada juga kerajinan dari Bambu Hitam seperti Cangkir, Gelas, juga lukisan sketsa wajah.

Garut merupakan sebuah kabupaten yang memiliki banyak pilihan tempat wisata. Dan Desa Wisata Situ Cangkuang merupakan obyek wisata yang sangat cocok di jadikan rekomendasi liburan sekolah nanti. Karena selain menikmati suasana alamnya, juga bisa belajar sejarah.

(Tar)