You are currently viewing Drone Produksi Industri Lokal Di Minati Pasar Global

Vakansiinfo, Jakarta – Kementerian Perindustrian berperan aktif mempromosikan kemajuan teknologi yang di kembangkan oleh indutri dalam negeri. Upaya strategis ini salah satunya melalui dukungan keikutsertaan industri pada ajang pameran tingkat nasional maupun internasional. Yang di yakini akan dapat memperluas jaringan kerja sama dan perluasan pasar. “Contohnya kami mengapresiasi perhelatan pameran Indonesia Drone Expo (IDE). Yang di laksanakan pada tanggal 10-12 Agustus 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran.” Kata Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele di Jakarta, pada Sabtu (12/08/2023).

Menurut Sesditjen ILMATE, pameran tersebut bisa memberikan dampak positif bagi peningkatan investasi industri drone dalam negeri.

“Sebab, dalam rangkaian pameran itu, di laksanakan pula business matching. Yang menghasilkan kesepakatan kerja sama sejumlah industri drone di Indonesia,” ungkapnya.

Adapun perusahaan-perusahaan yang melaksanakan penandatanganan MoU, yakni antara PT. Bentara Tabang Nusantara (PT BETA) dengan PT Terra Drone Indonesia serta PT. Inovasi Solusi Transportasi Indonesia (PT ISTI) dan PT Tera Data Indonusa.

“Kami mendukung industri drone dalam negeri untuk terus meningkatkan kualitas dan nilai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN)-nya agar dapat menyuplai kebutuhan dan mendukung program-program pemerintah,” papar Yan.

Langkah tersebut sejalan dengan transformasi digital di berbagai aspek perekonomian, yang juga searah dengan program prioritas Making Indonesia 4.0. “Kemenperin berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri drone di dalam negeri agar lebih inovatif dan berdaya saing global,” tegas Yan.

Kolaborasi untuk mengekspor drone produksi dalam negeri ke pasar internasional

Kerja sama antara PT BETA selaku industri manufaktur drone di Indonesia dan PT Terra Drone sebagai perusahaan penyedia jasa drone terbesar di dunia yang berasal dari Jepang, menjalin kolaborasi untuk mengekspor drone produksi dalam negeri ke pasar internasional. Kerja sama yang komprehensif ini di tandai dengan penandatanganan perjanjian pengadaan 40 unit drone RAYBE.

“Kami bangga dapat menjalin kerja sama strategis dengan Terra Drone dalam upaya menghadirkan RAYBE ke pasar global. Ini adalah langkah penting dalam memperkuat posisi teknologi drone lokal Indonesia di pasar internasional,” kata CEO BETA-UAS, Indra Permana Sopian.

Lebih lanjut, Indra mengemukakan bahwa selain pasar internasional, kebutuhan drone komersil di Indonesia juga sangat besar di berbagai sektor industri. Salah satunya dapat terlihat dari kebutuhan pemerintah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kementerian ATR/BPN dan survei garis pantai Badan Informasi Geospasial seluruh Indonesia yang harus menggunakan drone.

Pameran Indonesia Drone Expo 2023 merupakan ajang terkemuka dan menjadi kesempatan yang baik bagi industri dalam negeri untuk membangun jejaring dan kontak bisnis. Kemenperin khususnya Ditjen ILMATE telah memfasilitasi industri drone melaksanakan business matching yang bertujuan untuk mempertemukan industri dalam negeri dan calon pengguna, seperti industri, pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN dan terus berupaya untuk membangun industri drone di dalam negeri dan mewujudkan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN).

(Red)