You are currently viewing Es Selendang Mayang Khas Jakarta Yang Memikat Selera

Vakansiinfo – Indonesia kaya akan ragam kuliner yang menggoda lidah dari berbagai daerah dan budaya. Salah satu makanan ikonik yang patut di coba adalah Es Selendang Mayang. Es khas masyarakat Betawi ini menghadirkan sensasi segar dan manis yang menyenangkan, cocok untuk mengatasi kehausan di tengah cuaca tropis yang panas.

Es ini adalah salah satu minuman tradisional yang memiliki akar budaya Betawi yang kuat. Betawi adalah suku asli yang berasal dari wilayah Jakarta, Indonesia. Nama “Selendang Mayang” di pilih karena bentuk es yang menyerupai selendang (kain panjang yang dililitkan di pundak wanita). Juga ada pendapat yang mengatakan nama selendang mayang berasal dari tokoh Mayang Sari yang cantik dari cerita rakyat si Jampang. Minuman ini telah menjadi bagian dari identitas budaya kota Jakarta dan menjadi salah satu makanan penutup favorit masyarakat setempat.

Es Selendang Mayang menyuguhkan sensasi rasa yang unik dan menyenangkan. Butiran sagu kenyal dengan rasa gula merah yang manis di padukan dengan kuah santan pandan yang lembut dan harum. Penyajian yang sederhana namun menggugah selera membuat es ini cocok di nikmati sebagai hidangan penutup setelah santap makanan berat.

Baca Juga  Tengkleng Solo yang Menggoda Lidah

Biasanya,  Selendang Mayang di sajikan dalam porsi individu di dalam mangkuk atau gelas kecil. Masyarakat Betawi juga suka menikmati es ini dalam acara-acara spesial seperti pernikahan, khitanan, atau saat bersantai di sore hari.

Sebagai makanan tradisional, Es Selendang Mayang juga memiliki peran dalam pelestarian budaya Betawi. Kehadirannya sebagai simbol identitas budaya masyarakat Betawi menjadikannya penting untuk di lestarikan dan di kenalkan kepada generasi muda. Selain itu, minat masyarakat dalam mempertahankan kuliner tradisional juga membantu menjaga warisan budaya lokal agar tetap hidup dan berkembang.

(Rev)