You are currently viewing Gejala Kekurangan Nutrisi Pada Tubuh Yang Wajib Kamu Ketahui

Vakansiinfo – Kebutuhan nutrisi merupakan fondasi utama tubuh yang harus di penuhi. Supaya fungsinya berjalan dengan baik. Nutrisi tersebut antara lain adalah vitamin & mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Serta kolagen yang tidak hanya berperan menjaga kesehatan, namun juga kecantikan di saat yang sama. Sebaliknya, ketika tubuh kekurangan nutrisi yang di butuhkan. Banyak berdampak pada kesehatan hingga kecantikan yang bisa saja di rasakan oleh tubuh. Karena itu, mari ketahui berbagai gejala kekurangan nutrisi pada tubuh kita.

Mudah Lelah

Ketika tubuh kekurangan nutrisi, salah satu gejala yang paling umum di rasakan adalah lebih mudah lelah. Hal ini karena tubuh membutuhkan cukup kalori yang di peroleh dari makanan sehat dan kaya akan nutrisi. Seperti buah-buahan dan sayuran untuk bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu menjaga asupan tubuh dengan makanan yang bernutrisi sangat penting untuk di perhatikan.

Gejala Kekurangan Nutrisi Pada Tubuh Yang Wajib Kamu Ketahui

Imunitas Tubuh Menurun

Kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan tubuh lebih rentan terkena penyakit. Karena imunitas tubuh menjadi menurun. Di sebabkan karena nutrisi yang di butuhkan tubuh untuk melawan virus, bakteri, atau penyakit lainnya tidak tercukupi. Sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Asupan nutrisi seperti protein, zinc, vitamin A, C, dan E penting untuk menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi sangat penting untuk di lakukan.

Baca Juga  Mengusung Tema ‘The Art of Play’, iStyle.id BeautyFest Asia 2023 Rayakan Kebebasan Berekspresi Lewat Riasan

Rambut dan Kuku Menjadi Rapuh

Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan rambut dan kuku menjadi rapuh. Rambut akan terasa lebih kering dan lebih mudah rontok, terlebih warna rambut juga akan ikut berubah menjadi cokelat. Selain rambut, kekurangan nutrisi akan membuat kuku mengalami perubahan menjadi tipis dan lebih rapuh. Hal ini di sebabkan karena menurunnya produksi kolagen, protein dalam tubuh yang berperan besar dalam kesehatan kulit.

Kulit Tampak Kusam

Kekurangan protein kolagen dalam tubuh tidak hanya menyebabkan rambut dan kuku rapuh, namun juga kulit yang tampak kusam. Hal ini di karenakan ketika tubuh menurun produksi kolagennya, kulit akan menjadi kering dan tidak cerah merona. Akibatnya, kulit tampak lesu, kusam, dan kurang bercahaya.

Penuaan Dini

Selain tampak kusam, kekurangan kolagen juga bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Hal ini di awali dengan kulit yang kehilangan elastisitasnya, mengakibatkan garis halus atau keriput mudah tampak pada berbagai bagian tubuh. Mulai dari wajah, lengan, hingga kaki.

Baca Juga  Cutt & Grill Akan Hadir di PIK

Selain memenuhi nutrisi harian, kita juga perlu untuk menjaga kesehatan kulit, rambut serta kuku, agar terhindar dari risiko penuaan dini serta lainnya. Pastikan agar tetap menjaga tubuh supaya dapat memproduksi kolagen dengan baik seiring bertambahnya usia.

(Rev)