You are currently viewing Indonesia Housing Forum 2023 Cari Solusi untuk Menciptakan Hunian Inklusif, Berkelanjutan, dan Terjangkau

Vakansiinfo, Jakarta – Memperingati Hari Perumahan Nasional. Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Universitas Indonesia, dan Real Estate Indonesia menggelar Indonesia Housing Forum 2023 (30/08/2023). Acara tersebut di gelar di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Mengusung tema “Membangun Rumah Inklusif, Berkelanjutan, dan Terjangkau untuk Semua”. Indonesia Housing Forum melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Mulai dari institusi pemerintah, real estate, perbankan, ikatan arsitek, mahasiswa, media, hingga pengusaha di bidang perumahan. Untuk berkumpul, berdiskusi, dan mencari solusi atas berbagai isu, tantangan, hambatan, kisah sukses, dan keterlibatan multipihak. Dalam penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Indonesia Housing Forum 2023 Cari Solusi untuk Menciptakan Hunian Inklusif, Berkelanjutan, dan Terjangkau

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan. Indonesia Housing Forum tidak sekedar kegiatan rutin, melainkan sebuah gerakan masif yang melibatkan semua pihak. Untuk secara sistematis dan bersinergi mencari solusi konkrit atas persoalan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni. Termasuk penyelesaian persoalan kawasan informal atau kumuh di wilayah urban dan plural.

“Kami berharap, melalui Indonesia Housing Forum yang di lakukan secara rutin ini. Dalam 10 tahun ke depan, setidaknya lahir sebuah peta jalan yang menjadi salah satu rekomendasi strategi nasional untuk mengatasi masalah perumahan”.

Beliau menambahkan selama 3 kali penyelenggaraan Indonesia Housing Forum. Yakni sejak 2017 hingga 2019 dan 2021, telah di hasilkan 13 gagasan baru untuk mengatasi masalah perumahan di Indonesia. Salah satu yang paling nyata dan telah di terapkan yaitu CSR Forum yang digagas tahun 2019. “Harapan kami, kita dapat mengurangi paling tidak 30% masalah perumahan dengan meningkatkan jumlah pembangunan rumah layak huni”, tutupnya.

Baca Juga  Atasi Masalah Hunian Tidak Layak, Habitat Indonesia Gelar Charity Golf Tournament 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulis yang di bacakan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menyampaikan. “Penyediaan rumah layak huni bagi kelompok rentan juga menjadi fokus kami. Dukungan berbagai pihak sangat kami butuhkan. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Housing Forum yang di inisiasi oleh Habitat Indonesia ini. Kami tidak dapat memungkiri banyaknya dukungan terhadap sektor perumahan dari Kementerian/Lembaga lain untuk penanganan Rumah Tidak Layak Huni dan infrastruktur permukiman”. Dani Mutaqin, Direktur Eksekutif DPP Real Estate Indonesia menanggapi pelaksanaan Indonesia Housing Forum 2023 menghasilkan sesuatu yang konkrit.

“Kami dari asosiasi berharap Indonesia Housing Forum ini tidak hanya sekedar forum tetapi realisasi dari forum itu sendiri. Kami berharap, ketersediaan rumah subsidi maupun non subsidi ke depan lebih terpenuhi dan merata. Harapannya peran sektor perumahan sebagai pendorong dalam menciptakan bisnis yang baik dan lancar semakin terlihat nyata”, terangnya.

Indonesia Housing Forum 2023 Cari Solusi untuk Menciptakan Hunian Inklusif, Berkelanjutan, dan Terjangkau

Dari sudut pandang akademisi, Ayomi Dita Rarasati, Ketua Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia mengungkapkan pentingnya peran rumah. “Diskusi seperti ini sangat penting di adakan mengingat rumah yang layak sebagai wadah hunian yang manuasiawi, utuh, dan sehat guna melahirkan generasi penerus bangsa yang handal dan baik”.

Baca Juga  Peringati Sumpah Pemuda, Habitat Indonesia Bersama Sekitar 460 Relawan Muda Bangun Rumah, Sanitasi, Sekolah di 4 Kota

Di ketahui, Indonesia Housing Forum merupakan rangkaian kegiatan Housing Forum yang di adakan serentak di 70 negara di tingkat Asia Pasifik dengan puncak acara di adakan Oktober 2023 mendatang di Korea.

Selama 4 kali di adakan sebagai ruang bagi setiap pemangku kepentingan untuk saling berdiskusi terkait masalah perumahan, Indonesia Housing Forum telah di hadiri lebih dari 10.000 peserta.

(Red)