You are currently viewing Gelar Kegiatan Donor Darah Ke-115, BCA Dan PPATK Kumpulkan 400 Lebih Kantong Darah

Vakansiinfo – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen senantiasa memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat. Kali ini, pengabdian BCA terhadap masyarakat terwujud dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah di Menara BCA, Jakarta, pada Kamis dan Jumat (30-31 Mei 2024) lalu. Kegiatan donor darah ke-115 BCA yang di selenggarakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ini sukses mengumpulkan 411 kantong darah.

Pembukaan kegiatan donor darah ini di hadiri Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Direktur BCA Haryanto Budiman, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, Deputi Bidang Strategi dan Kerja sama PPATK Tuti Wahyuningsih, Deputi Bidang Pelaporan dan Pengawasan Kepatuhan PPATK Fithriadi, serta Ketua Gerakan Nasional 22 Tahun Anti-Pencucian Uang dan Pelaporan dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) Kamanto Pujiono.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan. “Kami senang dapat melanjutkan salah satu tradisi dan kegiatan rutin kami yaitu donor darah. Selain melibatkan karyawan BCA, kegiatan donor darah kami juga sering di adakan dengan skala lebih luas. Yaitu mengundang nasabah dan masyarakat sekitar untuk turut serta. Kali ini, kegiatan donor darah oleh BCA di lakukan bersama-sama PPATK dalam rangka memperingati Gerakan Nasional 22 Tahun APU-PPT. Kami harap kegiatan ini dapat berdampak positif dan membawa banyak manfaat untuk masyarakat, terutama pihak-pihak yang membutuhkan kantong darah secara rutin.”

Baca Juga  Rayakan Hari Donor Darah Dunia, Morrissey Hotel Gelar Aksi Sosial
Seluruh kantong darah yang terkumpul dari kegiatan ini akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan darah di Jakarta. Kegiatan donor darah rutin di gelar BCA berkolaborasi dengan PMI sejak 1991. Selain bekerja sama dalam kegiatan donor darah, BCA juga turut memperkuat operasional PMI. Melalui pemberian satu unit kendaraan operasional pada tahun 2017. 10 unit blood scale & mixer pada 2018 dan 2019, serta sebuah mobil donor pada 2021.

Gelar Kegiatan Donor Darah Ke-115, BCA Dan PPATK Kumpulkan 400 Lebih Kantong Darah

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana berkata, kegiatan ini merupakan wujud dari kerja sama yang solid antara PPATK dengan BCA. “Kita sudah sama-sama memberikan darah melalui kegiatan ini. Sehingga kita harapkan semakin memperkuat komitmen PPATK dan BCA untuk terus bersama memerangi kejahatan di sektor keuangan Indonesia.” Ujar Ivan.

Sejak 2016, Bakti BCA telah membantu mengumpulkan 13.090 kantong darah dan 18 plasma konvalesen melalui kegiatan donor darah. Konsistensi Bakti BCA menyelenggarakan kegiatan donor darah membawa perseroan meraih rekor MURI sebagai “Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke-100” pada tahun 2017.c

Baca Juga  Sejuta Tetes Darah Bentuk Kepedulian, ASTON Hotels Gelar Donor Darah

Selain melalui kegiatan donor darah, Bakti BCA berupaya senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui berbagai aktivitas terkait kesehatan. Beberapa program Bakti BCA di bidang kesehatan yakni pemeriksaan kesehatan gratis meliputi skrining hipertensi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan asam urat; serta bakti sosial operasi katarak yang rutin di gelar sejak 2001 dan telah memberi manfaat kepada 8.329 pasien di berbagai daerah.

Sebagai informasi, BCA melalui Bakti BCA berupaya memberdayakan individu agar dapat menjalani hidup lebih sehat dengan memberikan akses kesehatan bagi warga kurang mampu. Pada 2023 lalu, BCA telah mengadakan beberapa program di bawah pilar Bakti Kesehatan. Beberapa di antaranya yakni “Bakti Sehat untuk Balita” dan “Edukasi Pencegahan Stunting kepada Remaja” untuk mendukung target pemerintah mengurangi stunting. BCA juga bekerja sama dengan BKKBN dan mitra lainnya dalam program PASTI untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan edukasi pencegahan stunting dan gizi sehat.

“Kami berupaya dapat terus menjaga komitmen dan konsistensi perusahaan melakukan kegiatan donor darah serta kontribusi lain untuk masyarakat. Kegiatan seperti ini menjadi aktivitas yang dapat memupuk kesadaran sosial bagi insan BCA dan juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat.” Tutup Jahja.

(Eff)