You are currently viewing Kepala SMAN 2 Cibinong Raih Apresiasi Kepala Sekolah Berprestasi Dari PJ. Gurbernur Jawa Barat Pada Peringatan Hardiknas 2024

Vakansiinfo – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) se-Provinsi Jawa Barat pada hari Kamis, 2 Mei 2024, di Lapangan Sempur Kota Bogor, yang di hadiri langsung oleh Pj.Gubernur Jawa Barat, Bapak Bey Triadi Machmudin, SE, MT., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bapak Wahyu Mijaya,SH, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Para Kepala Cadisdik, Pemangku Kebijakan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota Bogor.

Upacara Peringatan Hardiknas 2024 Provinsi Jawa Barat ini juga di hadiri oleh ASN dan Masyarakat. Secara daring melalui live streaming Youtube DISDIK JABAR pada Link https://www.youtube.com/watch?v=1V9NawVfRq0

Pada peringatan Hardiknas tahun 2024 kali ini. PJ.Gubernur Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada 1 Kepala sekolah, 3 Guru dan 9 Peserta Didik berprestasi di Tingkat Nasional/ Internasional. Dan alhamdulillah, apresiasi Hardiknas Tahun 2024 untuk apresiasi Kepala Sekolah Berprestasi di Jawa Barat. Di berikan Pj.Gubernur Provinsi Jawa Barat kepada Kepala SMAN 2 Cibinong Kabupaten Bogor, Hj.Elis Nurhayati, M.Pd. Atas prestasi Internasional dan Nasional pada 2 tahun terakhir ini.

Penghargaan untuk Elis Nurhayati sebagai kepala sekolah berprestasi Tingkat Jawa Barat tahun 2024 dari PJ Gubernur Jawa Barat. Bagi Kepala SMAN 2 Cibinong yang di kenal dengan SMAVO ini.

Mengulang prestasinya pada Puncak Peringatan Hardiknas dan Merdeka Belajar Kemendikbudristek tahun 2023 lalu. Yaitu mendapat penghargaan “Anugerah Sosok Inspiratif Nasional Tahun 2023” dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A,M.B.A di Prambanan, Yogyakarta.

Humas SMAN 2 Cibinong, Teguh Satya Pratama, menyampaikan. “Alhamdulillah,  Bu Hj.Elis Nurhayati,  M.Pd. mendapatkan penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi dari Bapak Pj.Gubernur. Atas kontribusinya turut mengharumkan Jawa Barat dan Indonesia di Asia Pasifik. Beliau 2 tahun terakhir ini terpilih menjadi Delagasi Indonesia. Sekaligus delegasi Jawa Barat pada berbagai kegiatan internasional yang di selenggarakan oleh Institute of APEC Collaborative Education ( IACE ) Korea Selatan. Di antaranya pada kegiatan “2023 Global Gifted Problem Solving Camp. South Korea” dan kegiatan “APEC School Leadership Program,  South Korea” pada tahun 2022 dan 2023. Berkolaborasi dengan Kemendikbudristek.”

Apresiasi Bapak Pj.Gubernur ini tidak lepas dari banyaknya prestasi-prestasi Elis Nurhayati di level Nasional lainnya. Di antaranya sumbangsihnya sebagai Narasumber /Fasilitator Nasional pada kegiatan berbagi praktik. Baik 4 Intervensi Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Di Tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Direktorat SMA, Dikdasmen Kemendikbudristek, maupun di tingkat Provinsi/ Kabupaten/ Kota.

Selain prestasi tersebut, Elis Nurhayati yang merupakan Kepala Sekolah Penggerak Angkatan I. Memiliki segudang prestasi. Di antaranya Selain meraih prestasi Nilai kinerja terbaik 6 tahun berturut-turut se-Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Beliau  juga menorehkan prestasi Juara 1 Kepala Sekolah Inovatif pada Gelar Inovasi Daerah ( GID) Pemda Bogor.

Di luar tugas utamanya, Elis Nurhayati juga aktif sebagai Wakabinawasa Kwarran Cibinong Kabupaten Bogor. Ketua Majlis Ta’lim di lingkungan masyarakat, dan relewan organisasi sosial Yayasan Indonesia Mendengar.

Selain itu pengembangan-pengembangan dan inovasi layanan Sekolah Ramah Anak yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Terus di lakukan di SMAN 2 Cibinong di bawah kepemimpinan Ibu Hj. Elis Nurhayati, M.Pd.

Dengan visi “Berakhlak Mulia, Tangguh dan Unggul”. Mendorong Civitas Akademik SMAN 2 Cibinong terus meningkatkan kompetensi dan prestasinya. Baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional. Dan layanan Pendidikan juga terus di tingkatkan di awali dengan Digitalisasi Sekolah. Yang merupakan salah satu amanat dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Elis mengungkapkan bahwa raihan prestasi-prestasi di SMAVO selama ini. Tentunya berkat doa, dukungan, kerjasama atau kolaborasi yang baik antara Kepala Sekolah, Guru, Tendik, Komite Sekolah, Orang tua/ Wali, dan Peserta Didik.

Selain itu, kepala sekolah dan para guru harus adaftif dan memiliki komitmen. Untuk melakukan transformasi pada Satuan Pendidikan. Dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik.

“Melaksanakan pengelolaan Satuan Pendidikan dengan mengimplementasikan kompetensi kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah adalah suatu keniscayaan. Dan Alhamdulillah, guru-guru dan Tenaga Administrasi Sekolah memiliki kompetensi yang luar biasa mumpuni. Sehingga program-program inovasi pembelajaran dan layanan sarana prasarana berbasis digital, dapat dengan mudah terlaksana. Budaya refleksi dan memberikan Feed Back pada Komunitas Belajar di SMAVO juga. Menjadi salah satu trigger untuk terus mengembangkan potensi diri warga Sekolah.” Ungkap Hj. Elis Nurhayati, M.Pd.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem pendidikan yang sangat besar. Dan bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, untuk membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.” Ujar PJ Gubernur Jawa Barat. Saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim.

“Alhamdulillah wasyukurilllah, atas izin Allah SWT, saya masih dapat turut mengharumkan Kabupaten Bogor, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, dan Provinsi Jawa Barat. Semoga menjadi wasilah kebaikan untuk pendidikan di Jawa Barat dan dapat menginspirasi sekolah lainnya… Aamiin YRA. Semangat untuk Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdrka Belajar!” Pungkas Elis.

(Eff)