You are currently viewing Kiat Jitu Meningkatkan Motivasi Dalam Diri Meraih Sukses

Vakansiinfo – Setiap orang pasti ingin mengubah atau meraih satu hal dalam hidupnya. Walaupun pada kenyataannya, menemukan motivasi diri untuk memulai hal baru itu sangatlah sulit. Motivasi memang bisa menjadi suatu hal yang sederhana, tapi rumit di dapat secara bersamaan. Bahkan terkadang kita mudah sekali termotivasi di waktu-waktu yang tidak terduga. Namun sering kali menemukan motivasi diri rasanya sangat sulit. Apalagi di masa sekarang ini banyak generasi muda di rasa kurang semangat dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan.

Tentunya kita perlu mendapat sedikit dorongan seperti motivasi hidup untuk meraih tujuan. Katakan dengan lantang atau tulis alasan mengapa kamu perlu melakukan sesuatu. Pikirkan apa manfaat yang akan kamu raih jika berhasil mencoret satu goals di daftar pencapaianmu. Misalnya, saat kamu merasa malas saat bekerja, kamu bisa berpikir seperti “Jika aku menyelesaikan pekerjaan ini sekarang, aku bisa pulang lebih awal hari ini”.

Perubahan dengan berhenti berwacana

Perubahan tidak akan bisa terjadi bila hanya lewat omongan saja. Sebuah mimpi juga tidak akan menjadi kenyataan bila hanya berhenti sampai rencana dan wacana saja. Jadi lakukan hal-hal yang membawa kita bergerak menuju mimpi besar itu.

Kiat Jitu Meningkatkan Motivasi Dalam Diri Meraih Sukses

Jangan bandingkan diri dengan orang lain, percaya diri sendiri

Untuk menggapai suatu tujuan, kita harus mulai berpikir dengan tujuan yang positif bukan ketakutan negatif. Isilah hari-harimu dengan percakapan, kegiatan, dan orang-orang yang bisa menginspirasimu untuk meraih tujuan. Penuhi hati dengan rasa syukur dan jangan membandingkan diri dengan orang lain. Karena pada dasarnya kita memiliki keunukan masing-masing. Keunikan membuat kita berbeda dengan yang lain, jadikan keunikan itu menjadi sebuah kekuatan untuk melangkah lebih maju. Buanglah segala pikiran negatif serta yakin bahwa kita mampu mencapai tujuan yang sudah kita tetapkan.

Buat aktivitasmu menjadi menyenangkan

Sebagian besar dari kita memiliki pekerjaan yang tidak kita sukai.Dan kegiatan yang tidak ingin kita lakukan. Hal-hal ini tidak akan hilang, justru akan semakin bertambah. Kita harus bisa menjalaninya dengan tanpa beban. Dengan begitu pasti akan lebih semangat untuk mencapai target atau tujuan apabila kita melakukan sesuatu yang kita suka. Hal ini bisa menghindari kita dari rasa malas atau bosan di tengah aktivitas. Selalu ingat bahwa “hidup itu tidaklah mudah, tapi bisa di jalanin”. Kerja keras dan keuletan dalam mengejar suatu hal, serta ketangguhan dalam menghadapi rintangan akan mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan.

Jangan memaksakan diri

Kita bukanlah sebuah robot, bahkan robot pun butuh istirahat. Sebesar apa pun semangat untuk mencapai target, pastikan kita memiliki waktu untuk beristirahat yang cukup. Kurang istirahat menjadikan fokus kita dalam melakukan suatu hal akan terganggu. Selain itu kurang istirahat juga mampu menimbulkan gangguan kesehatan. Jika kondisi fisik dan pikiran sudah terlalu lelah, jangan terus di paksakan. Ambil waktu untuk beristirahat, sebelum memulai kembali pada tugas-tugas dan tujuanmu.

Beri penghargaan pada diri sendiri

Saat kita berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai suatu target sekecil apapun, berilah penghargaan untuk diri kita sendiri. Dengan sesuatu yang menyenangkan, bermanfaat, dan layak kita dapatkan. Misalnya, kita bisa membeli makanan enak setelah melewati hari yang melelahkan. Ini merupakan cara untuk menghargai pencapaian kita, sekaligus sebagai dorongan semangat untuk mencapai target selanjutnya.

Walaupun terkadang tidak mudah, jangan pernah berhenti mencoba untuk meningkatkan motivasi diri sendiri. Seiring waktu, hal ini akan lebih mudah untuk di lakukan karena kita akan semakin mengenal masalah apa saja yang bisa mempengaruhi motivasi diri kita. Juga perlu di sadari bahwa mengubah hidup menjadi lebih baik tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. Semua butuh proses di mana dalam prosesnya pastinya akan kita jumpai banyaknya tantangan yang tidak terduga.

(Rev)