You are currently viewing KLHK-KAHMI Sinergi Tanam Sejuta Pohon di Pamijahan, Bogor

Vakansiinfo, Bogor – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI), Forhati Nasional. Dan PT Antam Tbk bersinergi melakukan penanaman sejuta pohon di Desa Gunung Sari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. untuk merawat ekosistem lingkungan hidup, dalam rangkaian dari peringatan HUT KAHMI yang ke-57.

“Gerakan penanaman sejuta pohon yang di lakukan KAHMI dan Forhati Nasional. Bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan PT Antam Tbk ini merupakan bagian dari Upaya untuk mendorong percepatan realisasi program penyelamatan lingkungan hidup oleh KLHK.” Ujar Direktur Perbenihan Tanaman Hutan KLHK, Nurul Iftirah. Terkait Gerakan KAHMI dan Forhati Tanam Sejuta Pohon di Bogor, pada Selasa (03/10/2023).

Direktur Nurul mengatakan, gerakan moral itu bagus sekali dan sejalan dengan program KLHK menjaga dan merawat sumber mata air yang sehat. Gerakan menanam pohon di nilai menjadi ikhtiar semua pihak terkait untuk mencegah berbagai bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Baca Juga  Perempuan Turut Andil dalam Pengurangan Emisi

“Jadi gerakan penghijauan lingkungan ini adalah cara kita untuk menanggulangi erosi dan terjadinya banjir,” imbuhnya.

Nurul juga mengatakan, saat ini KLHK terus mendorong terwujudnya program pelestarian lingkungan hidup yang sehat dan produktif. Dalam hal ini KLHK memprioritaskan implementasi kebijakan prioritas pemeliharaan ekosistem lingkungan dan kondisi sosial masyarakat.

“Pemerintah memang tengah gencar mempromosikan daerah-daerah berbasis wisata sebagai upaya untuk meningkatkan kemajuan ekonomi. Namun pada saat yang sama, pemerintah juga memacu sektor ekowisata menjadi bagian penting. Yang di harapkan berkolaborasi dengan aspek penghijauan hutan. Karena itu masyarakat membutuhkan kondisi lingkungan yang sehat,” jelas Direktur Perbenihan Tanaman Hutan KLHK.

Sementara itu, Vice Presiden CSR PT. Aneka Tambang Tbk. Munadji, mengatakan. Pihaknya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap gerakan pelestarian lingkungan alam bahkan termasuk lahan-lahan yang di anggap gersang. Sebab, eksplorasi yang berlebihan telah menyebabkan kerusakan alam di beberapa daerah di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan.

“PT Antam Tbk mendukung gerakan ini karena memiliki kemanfaatan jangka panjang yang baik bagi keberlangsungan kehidupan bangsa kita,” kata Munadji.

Baca Juga  Peduli Lingkungan, Jangkar Jiwa Dan Trotoar Kreatif Pentaskan Happening Art, Di bantaran Kali Ciliwung Pada Kegiatan Pitulasan #3

Dia juga mengatakan gerakan melakukan rehabilitas penghijauan terhadap lingkungan di nilai merupakan kegiatan positif dan sangat konstruktif. Guna mencegah kerusakan hutan dan sekaligus sebagai langkah bagus mengatasi pemanasan global.

Turut hadir dalam acara ini, anggota Presidum MN KAHMI, Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI, juga perwakilan KLHK RI, PT Antam Tbk, dan segenap tamu undangan serta tokoh masyarakat setempat.

(Mur)