You are currently viewing Makanan Yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Vakansiinfo – Vitamin A kerap di kaitkan dengan kesehatan mata. Memang, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata. Namun, ada nutrisi lainnya yang juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mata serta mencegah kerusakan sel mata, seperti omega 3. Mengutip dari Health, menjalankan pola makan sehat yang kaya buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya menjadi salah satu kunci untuk menjaga mata tetap sehat dan berfungsi maksimal.

Mengubah pola makan bisa membantu menjaga kesehatan mata. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan terhindar penyakit.

Jeruk

Mengutip dari Medical News Today, jeruk mengandung vitamin C. Yang berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia.

Melon

Melon kaya akan beberapa senyawa yang meningkatkan kesehatan mata, termasuk karotenoid b-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Karotenoid memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu melindungi sel-sel di mata dari kerusakan yang menyebabkan penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia (ARMD).

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa orang dengan kadar b-karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam darah yang lebih tinggi (semuanya terkonsentrasi dalam melon) memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk mengalami ARMD di bandingkan orang dengan kadar rendah.

Baca Juga  Pentingnya Deteksi Glaukoma Sedini Mungkin

Wortel

Wortel kaya akan beberapa senyawa, termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin. Yang mendukung kesehatan mata secara keseluruhan dan melindungi terhadap penyakit mata seperti ARMD, katarak, dan glaukoma.

Brokoli

Secangkir brokoli mentah cincang memenuhi 90% kebutuhan harian akan vitamin C. Yang bisa memperlambat perkembangan katarak, atau kekeruhan lensa mata yang mengganggu penglihatan. Tinjauan tahun 2019 terhadap 20 penelitian menemukan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C sebesar 500 miligram (mg) per hari di kaitkan dengan penurunan risiko katarak sebesar 18%. Tinjauan tersebut juga menemukan bahwa asupan tertinggi karotenoid b-karoten, yang ada dalam brokoli, di kaitkan dengan penurunan risiko katarak sebesar 10% di bandingkan dengan asupan terendah.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein, zeaxanthin, dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Juga sayuran berdaun hijau yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata adalah bayam, kubis, dan sawi.

Ternyata jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan mata sangat mudah di dapat. Anda dapat menemuinya di pasar modern ataupun tradisional. Ayo rubah pola makan untuk kesehatan mata Anda.

Baca Juga  Dampak Buruk Menatap Layar Gadget Terlalu Lama Bagi Kesehatan Mata

(Ati)