You are currently viewing Situ Patenggang Ciwedey, Pesona Bandung Selatan Yang Ngehits Hingga Kini

Vakansiinfo – Situ (Telaga) Patengan atau biasa di sebut dengan Situ Patenggang merupakan danau yang letaknya di bagian Selatan Bandung, tepatnya di Desa Patengan Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di kawasan Ciwidey.

Situ Patenggang berada di ketinggian 1600 meter dengan di kelilingi oleh kebun teh. Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ Patenggang terletak berdekatan dengan salah satu tempat wisata di daerah Bandung Selatan yaitu Kawah Putih.

Keindahan situ ini dapat di lihat dari berbagai titik, baik dari atas bukit kebun teh maupun di lihat langsung dari sisi danau. Kawasan sekitar danau adalah hutan lindung serta hamparan perkebunan teh. Untuk mencapai Situ Patengan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di tempat ini adalah penyewaan kendaraan air baik berupa perahu maupun sepeda air. Dengan menyewa perahu kita akan di bawa mengelilingi Situ Patenggang. Sebaiknya kita juga mengunjungi Batu Cinta serta mengelilingi Pulau Asmara. Pulau ini terletak di bagian tengah danau dan terlihat rindang dengan di tumbuhi banyak pepohonan. Sementara itu, Batu Cinta terdapat di sisi seberang danau yang konon di yakini menjadi lokasi pertemuan Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Baca Juga  Agrowisata Akaruku Hydrofarm Tangerang Liburan Sambil Belajar Budidaya Melon, Bisa Petik Langsung!

Situ Patenggang Ciwedey, Pesona Bandung Selatan Yang Ngehits Hingga Kini

Terdapat sebuah resto masakan khas Sunda yang bentuk bangunan berbentuk kapal pinisi dengan ukuran yang sebenarnya (bukan miniatur). Menu makanan dan minuman di sini sudah cukup lengkap. Area makan ada yang di dalam ruangan lantai satu dan dua, dan juga di dek luar ruangan.
Penginapan

Objek utama lainnya di kawasan wisata ini adalah Tent Resort. Kita bisa menginap di tenda mewah dengan konsep glamorous camping / glamping yang lagi ngetrend sekarang. Sepertinya bakal asyik banget tempatnya; langsung di pinggir situ patenggang. Harga sewanya relative mahal sekita Rp2 juta semalam untuk tenda kapasitas sampai 6 orang

Harga Tiket Masuk

Masing-masing kendaraan air ini di tawarkan dengan harga sewa yang dapat di negosiasikan dengan pihak penyedia. Harga penyewaan perahu sebesar Rp. 15.000-Rp.20.000/ orang dan Rp. 150.000/ perahu, perahu angsa sebesar Rp. 40.000/perahu. Serta jika anda ingin naik perahu sambil memancing maka anda bisa menyewanya dengan harga Rp. 15.000/pancingan.

Tiket masuk untuk ke situ Patenggang saja warga negara pribumi adalah Rp25.000, sedangkan untuk pengunjung mancanegara di kenakan Rp135.000. Dengan banyaknya paket dan tempat wisata di dalamnya, biasanya pengunjung di kenakan tiket masuk terusan yang bisa di pakai masuk ke wahana yang ada di Situ Patenggang. Tiket terusan bagi wisatawan lokal yang termurah di mulai dari Rp100.000 per orang.

Baca Juga  Edensor Hills Villa Resort & Cafe, Hidden Gem di Pinggiran Sentul, Bogor

Akses Menuju Lokasi

Cara mencapai Situ Patenggang yang termudah adalah melalui tol Soroja. Setelah keluar gerbang Tol Soreang, terus ikuti jalan Soreang-Ciwidey. Kemudian setelah melewati hutan dengan jalan berbelok belok dan menanjak akan ketemu dengan tempat wisata Kawah Putih. Setelah sampai di gerbang masuk Kawah Putih, terus saja kurang lebih 7 km lagi akan sampai di Situ Patenggang. Untuk memudahkan pencarian lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps.

(Tar)