You are currently viewing Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Vakansiinfo – Buah ciplukan, atau yang di kenal juga dengan nama Vaccinium meridionale, merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi, seperti pegunungan. Selain memiliki rasa yang segar dan lezat, buah ciplukan juga kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat dari buah ciplukan yang wajib Anda ketahui adalah untuk menurunkan risiko diabetes . Selain itu masih banyak manfaat dan khasiat buah ciplukan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika mengolah dan mengkonsumsinya dengan benar.

Di langsir dari WebMD, berikut beberapa manfaat dari buah ciplukan bagi kesehatan:

Kaya akan Antioksidan

Buah ciplukan mengandung antioksidan tinggi. Termasuk vitamin C, polifenol, dan flavonoid. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan beri, termasuk buah ciplukan, dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini dapat berkontribusi dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga  Peringati Pekan Imunisasi Dunia 2024, Mengapresiasi Upaya Tenaga Kesehatan Menyukseskan Vaksinasi Lengkap

Menyehatkan Jantung

Kandungan flavonoid dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid memiliki efek positif terhadap pembuluh darah, membantu mengurangi tekanan darah, dan melawan peradangan. Yang semuanya dapat mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam buah ciplukan memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

Menyokong Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah ciplukan dapat memberikan perlindungan terhadap kesehatan mata. Senyawa-senyawa ini telah di kaitkan dengan pengurangan risiko penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Melancarkan Pencernaan

Buah ciplukan mengandung serat yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan serat dalam buah ciplukan juga dapat membantu dalam pengelolaan berat badan. Serat memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah ciplukan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti arthritis.

Meskipun buah ciplukan memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum menambahkan buah ini ke dalam diet, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

(Ati)