You are currently viewing Mengenal Senjata Tradisional Berbagai Daerah di Indonesia

Vakansiinfo – Selain kaya dengan makanan dan pakaian tradisional. Indonesia juga kaya akan senjata tradisional dari tiap daerah yang memiliki keunikan masing-masing.

kegunaan senjata tradisional di Indonesia memiliki fungsi yang beragam. Mulai dari kebutuhan berburu, berkebun bahkan di gunakan sebagai senjata perang dahulu saat melawan penjajah di tanah air. Berikut ini beberapa senjata tradisional daerah di Indonesia:

Mengenal Senjata Tradisional Berbagai Daerah di Indonesia

Golok

Merupakan senjata tradisional yang berasal dari DKI Jakarta. Pada masanya, senjata tradisional ini pernah di pakai Si Pitung untuk melawan penjajah. Seiring berjalannya waktu, senjata ini mulai beralih fungsi. Sekarang, golok lazim di pakai untuk keperluan rumah tangga dan perkebunan masyarakat Betawi di Jakarta. Golok pun juga lazim di pakai untuk acara-acara adat khas Betawi. Masyarakat Betawi pun menyimpan senjata ini di rumah sebagai identitas mereka.

Keris

Senjata tradisional dari tanah Jawa yang satu ini pasti sangat familiar. Dahulu senjata ini juga di gunakan untuk alat bertarung. Saat ini masyarakat Jawa masih memelihara senjata ini, karena di anggap memiliki kekuatan magis. Ciri khas dari senjata ini adalah bentuknya yang berliku. Bentuk tersebut di buat agar keris bisa memberikan lawan luka yang fatal.

Kujang

Senjata tradisional khas dari Jawa Barat ini punya bentuk agak melengkung. Lengkungan pada kujang juga di buat dengan motif yang menarik. Selain di pakai sebagai pajangan, senjata ini juga lazim di pakai pada acara-cara adat atau kegiatan seni di Jawa Barat.

Baca Juga  Belajar Tiga Filosofi Melayani Tamu Para Leluhur Borobudur di Omah Mbudur

Mengenal Senjata Tradisional Berbagai Daerah di Indonesia

Kurambiak

Senjata tradisional khas Sumatera Barat ini punya bentuk yang mungil serupa kuku harimau. Butuh kemampuan khusus untuk bisa memakai senjata tradisional ini. Sekarang, kurambiak lebih sering di pakai untuk mencabut akar di ladang.

Badik

Bisa di bilang kalau ini adalah golok versi Sulawesi. Hal ini tak lepas dari bentuknya yang hampir sama dengan golok khas DKI Jakarta. Hanya saja, badik punya ukuran yang lebih kecil dari golok. Selain itu, badik juga memiliki sarung dengan motif yang indah. Tak heran, bila senjata ini lazim di jadikan pajangan di rumah orang-orang Sulawesi.

Pedang Jenawi

Pedang khas Riau ini memiliki bentuk yang lurus dengan ujung yang meruncing. Pada masanya, pedang ini di pakai oleh panglima kerajaan Sriwijaya untuk berperang. Sekarang, pedang ini sudah tergolong langka. Hal itu yang menbuat pedang ini makin sulit di cari, serta memiliki harga yang mahal.

Dohong

Senjata tradisional ini merupakan pisau khas Kalimantan Barat. Khususnya, masyarakat Dayak Ngaju. Ciri khas senjata ini adalah gagangnya yang terbuat dari kayu, serta berbentuk bulat. Ciri khas lainnya adalah mata pisaunya mirip dengan mata pisau pada tombak. Hal itu bikin pisau khas Kalimantan Barat ini tergolong unik di banding pisau pada umumnya.

Belati Papua

Keunikan dari senjata tradisional ini yaitu tidak di buat dari besi layaknya belati pada umumnya. Melainkan, dari tulang kaki burung kasuari. Selain unik, penggunaan tulang kasuari itu juga bikin belati khas Papua tergolong kuat dibanding belati pada umumnya. Saat ini, belati lazim dipakai masyarakat Papua sebagai senjata untuk berburu hewan di luar.

Baca Juga  Belajar Tiga Filosofi Melayani Tamu Para Leluhur Borobudur di Omah Mbudur

Terapang

Senjata ini di ibaratkan keris versi Lampung. Bedanya, terapang punya lekukan yang lebih sedikit di banding keris khas Jawa. Saat ini, senjata ini menjadi salah satu hiasan di rumah masyarakat Lampung. Hal ini tak lepas dari motif sarungnya yang indah.

Mengenal Senjata Tradisional Berbagai Daerah di Indonesia

Parang

Golok khas Maluku ini punya bentuk yang melebar di bagian ujungnya. Senjata ini pernah di pakai untuk melawan penjajah oleh masyarakat Maluku. Senjata ini juga sempat tampil di pecahan uang Rp 1.000 versi lama.

Celurit

Senjata ini punya ciri khas berupa bentuknya yang serupa bulan sabit. Hal itulah yang membuat senjata ini sering di sebut sabit oleh masyarakat Madura. Seperti beberapa senjata tradisional lainnya, senjata ini juga lazim di pakai sebagai hiasan rumah. Senjata ini juga lazim di pakai untuk memotong rumput atau alat untuk melindungi diri dari penjahat.

Itulah beberapa contoh senjata tradisional dari daerah di Indonesia. Dan masih banyak lagi senjata tradisional yang berasal dari daerah lainnya di indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai warisan budaya tradisional Indonesia, terutama senjata tradisional.

(Mur)