You are currently viewing Menparekraf Dorong Kota Bekasi Tetapkan Subsektor Ekraf Unggulan Melalui Uji Petik PMK3I

Vakansiinfo, Bekasi – Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Kota Bekasi untuk melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif). Dan menetapkan subsektor ekonomi kreatif (ekraf) unggulan yang akan menopang pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Kota Bekasi.

Menparekraf Sandiaga saat hadir di acara workshop “KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif” di aula kantor Wali Kota Bekasi, pada Kamis (10/08/2023). Mengatakan, dorongan penetapan Kota Bekasi sebagai kota kreatif juga di suarakan oleh seluruh peserta workshop KaTa Kreatif. Yang merupakan para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sektor di Kota Bekasi.

“Ini juga merupakan permintaan langsung dari peserta kepada Pak Wali Kota (Kota Bekasi). Agar tahun ini juga di ajukan proses uji petiknya sehingga Kota Bekasi bisa di tetapkan sebagai kota kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga.

PMK3I bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekosistem ekonomi kreatif pada kabupaten/kota secara bottom-up melalui mekanisme pengisian borang dan uji petik.
Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur akan memfasilitasi pelaksanaan Uji Petik PMK3I nantinya.

Baca Juga  Gilang Akbar Febians Dari Mahasiswa Biasa Hingga Sukses dengan JAYROSSE

“Kami yakin ke depan Kota Bekasi bisa mengikuti uji petik dan di tetapkan sebagai kota kreatif, juga nanti di tentukan apa subsektor ekonomi kreatifnya yang jadi unggulan,” ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut mengapresiasi komitmen dan dukungan dari Pemerintah Kota Bekasi dalam pengembangan ekonomi kreatif. Di mana Pemkot Bekasi sangat mendukung pelaksanaan workshop KaTa Kreatif.

Pengembangan ekonomi kreatif di katakan Sandiaga akan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang di kuartal II tahun 2023 mencapai 5,17 persen.

“Saya ucapkan terima kasih Pak Wali (Plt. Wali Kota Bekasi) yang dengan antusias berpartisipasi dan saya semakin yakin UMKM Kota Bekasi siap untuk menopang penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

(Red)