You are currently viewing Menpora Dito Buka Kejurnas Lari Trail Indonesia 2023

Vakansiinfo, Cianjur – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail Indonesia 2023 di kawasan Kebun Raya Cibodas, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat (27/10/2023).

“Sukses untuk Kejurnas Lari Trail Indonesia 2023. Semoga seluruh peserta bertanding dengan kompetisi yang sehat dan junjung tinggi sportifitas. Terima kasih dan kejurnas ini bisa di mulai.” Kata Menpora Dito dilanjutkan dengan pemencetan horn bersama Ketua Umum ALTI Bima Arya sebagai tanda kejurnas di buka.

Menpora Dito juga memberikan apresiasinya kepada ALTI yang telah mampu menyelenggarakan kejurnas untuk kali keduanya. Menpora menilai lari trail Indonesia memiliki potensi bagus di masa depan.

“Saya di sini ingin mengapresiasi untuk Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI)yang sudah kali kedua menyelenggarakan kejurnas lari trail Indonesia. Kami di Kemenpora percaya dan semangatnya sama bahwa lari trail ini adalah salah satu cabor yang memiliki prospek cerah kedepannya,” tutur Menpora Dito.

“Karena, dengan lari trail ini orang mungkin bosan lari marathon, maka dengan lari trail ini kita bisa menikmati keindahan alam Indonesia dan ini tidak banyak negara yang memiliki. Dalam waktu dekat juga akan ada kejuaraan dunia lari trail di Danau Toba yakni Trail Run Caldera. Semoga seluruh atlet di ALTI dari seluruh daerah bisa ikut serta,” imbuhnya.

Kejurnas kedua Lari Trail Indonesia 2023 yang di selenggarakan oleh Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) 27-29 Oktober ini. di ikuti 69 pelari trail dari 13 Provinsi (Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur).

Ada tiga kategori yang di perlombakan. Yakni Kategori Vertikal 7,5 km (kumulatif gain elevasi 1.150 m), Kategori Jarak Pendek 40 km (kumulatif gain elevasi 3.570 m). Dan Kategori Jarak Panjang 70 km (kumulatif gain elevasi 5840 m).

“Kejuaraan ini adalah sebagai salah satu kualifikasi PON 2024 dan Short Asia Trail Run Cup.” Kata Ketua Pelaksana Kejurnas Lari Trail Indonesia 2023 Lahabi Haris.

(Mur)