You are currently viewing Menteri Sandiaga Uno Apresiasi dan Dorong Festival Nasional Reog Ponorogo Jadi Event Skala Internasional

Vakansiinfo, Ponorogo – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Festival Nasional Reog Ponorogo 2023. Serta mendorong festival yang menjadi bagian dari rangkaian pesta rakyat Ponorogo. Yaitu Grebeg Suro itu untuk terus di perkuat penyelenggaraannya sehingga menjadi event berkelas internasional di tahun depan.

Festival Nasional Reog Ponorogo merupakan festival yang memperlombakan kesenian Reog Ponorogo dan di ikuti puluhan peserta dari berbagai daerah. Festival Reog Ponorogo 2023 juga masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf/Baparekraf).

“Kami melihat geliat dari Festival Nasional Reog Ponorogo ini sudah layak untuk di jadikan festival internasional. Tadi kita bertemu dengan para peneliti dari Polandia, Inggris, dan Australia yang sangat tertarik untuk memperkenalkan lebih jauh Reog Ponorogo di dunia internasional.” kata Menparekraf Sandiaga saat hadir di Festival Nasional Reog Ponorogo 2023, Sabtu (15/07/2023) malam di Aloon-Aloon Ponorogo, Jawa Timur.

Kemenparekraf akan terus mendukung termasuk dalam hal promosi dan penyiapan paket-paket perjalanan bekerja sama dengan industri pariwisata

“Jadi seandainya ini bisa kita tingkatkan tahun depan, maka akan ada peserta (wisatawan) dari luar negeri. Sehingga event ini berganti bukan lagi menjadi Top 10 Kharisma Event Nusantara. Tapi juga unggulan yang kita proyeksikan sebagai pendorong ekonomi dan pembuka lapangan kerja,” ujar Sandiaga.

Baca Juga  Promo Periode Mei 2023, Liburan Di The Nice Funtastic Park Semakin Seru

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Festival ini sebagai bagian dari pesta rakyat mengangkat nilai budaya Ponorogo sebagai bentuk promosi dari sektor pariwisata. Event ini juga menjadi etalase bagi produk ekonomi kreatif.

“Festival ini mendorong kebangkitan karena bukan hanya promosi tapi juga sebuah etalase bagaimana UMKM ini hidup dan bagaimana ekonomi rakyat sejahtera. Banyak peluang kerja yang di ciptakan sebagai bagian dari target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Festival Nasional Reog Ponorogo Jadi Event Skala Internasional

Di satu kelompok kesenian Reog, banyak pelaku ekonomi kreatif yang terlibat. Mulai dari penari, pengiring musik, pembawa acara, pembuat kostum, dan lainnya.

Ia pun mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat ini Pemkab Ponorogo juga tengah membangun Museum Reog Ponorogo yang di antaranya akan membangun patung Reog Ponorogo terbesar.

“Saya ucapkan selamat dan sukses Festival Nasional Reog Ponorogo 2023. Mari kita jaga kearifan lokal, bangkitkan ekonomi masyarakat, ciptakan lapangan kerja, dan pastikan bahwa ekonomi rakyat meningkat. Kita pastikan dengan UMKM yang hidup, masyarakat merasakan manfaat dari hadirnya kearifan budaya lokal yang menggerakkan kesejahteraan kita menuju negara maju,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga  Keraton Kanoman Cirebon Berlibur Sekaligus Belajar

Apresiasi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dukungan Kemenparekraf

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengapresiasi dukungan Kemenparekraf/Baparekraf dalam penyelenggaraan Festival Nasional Reog Ponorogo dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Ponorogo pada umumnya.

“Reog Ponorogo memberikan efek domino yang tinggi, menghidupi UMKM, menghidupi para pemain reog, hingga para pengrajin. Oleh karena itu untuk mendampingi pertanian, Kota Ponorogo akan menjadi kota pariwisata yang di tuntun oleh Reog Ponorogo,” kata Sugiri Sancoko.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Pahlevi; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; dan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.

( *)