You are currently viewing Museum PETA Wisata Edukatif Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Anak Bangsa

Vakansiinfo – Bogor memiliki jutaan sejarah yang tersimpan di dalamnya. Banyak sekali museum-museum yang ada di sekitaran Bogor yang bisa di kunjungi untuk di jadikan rekomendasi wisata, salah satunya adalah Museum Peta. Yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121. Letaknya berada di dalam kawasan Pusdik Zeni.

Pembangunan Museum PETA di prakarsai oleh YAPETA atau Yayasan Pembela Tanah Air. Sebuah yayasan yang menjadi tempat bersatunya mantan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air. Pembangunan Museum PETA ini di mulai pada 14 November 1993 dengan peletakan batu pertamanya oleh Bapak Umar Wirahadikusumah yang merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia pada masa itu. Dan di resmikan Pada 18 Desember 1995, oleh Presiden Republik Indonesia yang ke II yaitu Bapak H. M. Soeharto, beliau juga merupakan Perwira PETA Angkatan I.

Pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air

Bangunan ini dahulunya adalah tempat Pendidikan Tentara Tanah Air (PETA), tentara sukarelawan yang di bentuk Jepang. Peran tentara PETA tidak lepas dari tanah Bogor. Karena di daerah inilah untuk pertama kali pendidikan perwira PETA di dirikan. Kondisi inilah yang semakin mengukuhkan Bogor sebagai Bumi Keprajuritan. Yang telah melahirkan perwira-perwira yang tangguh. Dan memiliki peran besar dalam kemerdekaan Negara Indonesia.

Baca Juga  Wisata Edukasi Museum Majapahit Trowulan Mojokerto

Terdapat sebuah monumen di bagian belakang Museum PETA. Monumen tersebut berupa patung Jendral Soedirman dan Letnan Supriyadi dengan gestur Heroik memegang sebilah pedang (katana). patung ini memperlihatkan wajah tegas dan berani. Seorang yang berpangkat Daidacho atau setara dengan Komandan Batalyon pada masa Itu. Ada pun monumen yang berbentuk setengah lingkaran terdapat nama nama perwira tentara PETA yang berasal dari seluruh Indonesia lengkap dengan informasi yang menerangkan fungsi dan jabatannya.

Berkunjung ke Museum PETA bisa di jadikan rekomendasi Wisata edukatif siswa siswi pendidikan, dengan tujuan menumbuhkan rasa Nasionalisme, cinta akan tanah air pada anak bangsa khususnya.

(Mur)