You are currently viewing Nggak Jauh Dari Kota Bogor, Curug Nangka Bisa Jadi Destinasi Liburan Keluarga

Vakansiinfo – Dari kawasan gunung Salak dan Halimun mengalir sungai-sungai, beberapa di antaranya memancarkan air terjun. Orang Sunda menyebutnya ‘curug’. Jika di hitung mungkin bisa mencapai ratusan. Salah satunya Curug Nangka yang kemudian namanya menjadi sebutan untuk daerah di sekitarnya.

Curug Nangka merupakan bagian dari RPTN wilayah Gunung Salak II, SPTN Wilayah II Bogor. Secara administratif pemerintahan, wilayah ini termasuk ke dalam Desa Sukajadi dan Gunung Malang, Kecamatan Ciapus Kabupaten Bogor. Dengan sajian alam tropis, hutan di sekitar curug sangat terpelihara.

Di daerah sekitar gerbang masuk sampai menuju area berkemah banyak di tumbuhi oleh pohon Pinus. Sementara pada bagian atas dari objek wisata, di sekitar area air terjun, terdapat gugusan vegetasi hutan alam tropis campuran. Pada area ini, Anda akan menjumpai beberapa satwa yang dapat di amati secara langsung. Mulai dari Surili (Presbytis comata), Monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), Owa jawa (Hylobathes moloch), Lutung (Trachypithecus auratus) dan berbagai jenis burung.

Baca Juga  Jasmine Glamping Bogor, Tawarkan Keseruan Liburan Di Tengah Alam

Nggak Jauh Dari Kota Bogor, Curug Nangka Bisa Jadi Destinasi Liburan Keluarga

Jika di telusuri wisata ini sebenarnya nyaris merupakan bagian akhir dari “perjalanan” air. Curug ini juga merupakan percabangan dari curug di atasnya. Yaitu Curug Kaung pada lokasi yang paling atas (dengan ketinggian sekitar 17 meter), Curug Daun di bagian tengah dan merupakan curug mini dengan tinggi hanya sekitar 2 meter. Kemudian barulah Curug Nangka pada bagian paling bawah, dengan ketinggian yang hampir sama dengan Curug Kaung.

Jika dari kota Bogor, Anda dapat mencapai lokasi ini melalui Ciapus, dengan lama perjalanan sekitar 45 menit. Terdapat papan petunjuk arah yang cukup lengkap di sepanjang perjalanan ke Curug Nangka. Lokasi wisata Curug Nangka dapat dengan mudah di capai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

(Tar)