You are currently viewing Pentingnya Kolaborasi Dan Inovasi Pada Bidang Engineering Dalam Membentuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
  • Post author:

Vakansiinfo, Jakarta – Pada tahun 2015 lalu, pemimpin dari 193 negara mengadopsi 17 goals. Yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia, inklusi sosial, dan juga perlindungan lingkungan. Ketujuh belas poin tersebut kemudian di namakan United Nations Sustainable Development Goals. Yang merupakan pencapaian aspirasional yang bertujuan untuk di raih pada tahun 2030. Namun, laporan terbaru dari National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. Menyatakan bahwa kemajuan yang memadai menuju pencapaian tujuan-tujuan tersebut belum terjadi. Dan mengusulkan tindakan yang harus di ambil oleh berbagai entitas pemerintah dan nonpemerintah untuk mempercepat upaya-upaya tersebut, tidak terkecuali Perguruan Tinggi.

Memahami hal tersebut, BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia. Yang di wakilkan oleh Faculty of Engineering, menyelenggarakan BINUS Engineering Week 2023. Sebuah event yang memadukan kolaborasi, networking, dan juga eksplorasi mendalam. Mengenai perkembangan terkini dalam dunia Engineering atau teknik melalui Sustainable Development Goals.

Melalui BINUS Engineering Week 2023 ini. BINUS UNIVERSITY hadir untuk menghubungkan rekan-rekan industri dan juga akademis untuk menghasilkan kerjasama yang positif. Sesuai dengan tema acara tahun ini, yakni A Sustainable Tomorrow through Creativity, Innovation, & Collaboration.

“Dengan adanya kolaborasi dari para talenta-talenta serta pemikiran brilian dalam komunitas engineering. BINUS UNIVERSITY bersama dengan rekan-rekan yang terlibat berharap untuk dapat menciptakan ide kreatif. Serta menciptakan produk-produk inovatif yang dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih baik secara berkelanjutan.” Ungkap Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA selaku Rektor BINUS UNIVERSITY.

Pentingnya Kolaborasi Dan Inovasi Pada Bidang Engineering Dalam Membentuk Masa Depan Yang Berkelanjutan

Selain itu, Dr. Nelly berharap bahwa kolaborasi ini dapat menjadi dorongan pada komunitas. Untuk menjawab tantangan global untuk meningkatkan kualitas kehidupan pada era kini. Dalam mewujudkan hal tersebut, BINUS Engineering Week 2023 turut menghadirkan narasumber ahli dari berbagai Perguruan Tinggi dan Industri di seluruh dunia. Antara lain dari National University of Singapore, Manchester University, Universiti Kebangsaan Malaysia, serta perusahaan multinasional seperti Rexroth Bosch, Future Ready Academy Singapore serta perusahaan nasional Propan, Astra Daihatsu Motor dan Accelist Lentera Indonesia.

Baca Juga  BINUS UNIVERSITY Menjawab Tantangan Kebutuhan SDM pada Era Artificial Intelligence

Tidak hanya event talkshow yang di laksanakan secara hybrid, peserta juga dapat mengunjungi platform metaverse. Dunia Fakultas Teknik di tuangkan dalam sebuah dunia yang bernama “Technopolis”. Di Technopolis para peserta dapat mengunjungi dunia engineering secara virtual yang di lengkapi dengan fitur Virtual Lounge dan Exhibition. Melalui fitur-fitur yang tersedia dalam Technopolis, pengunjung dapat merasakan pengalaman metaverse. Berinteraksi dengan sesama pengunjung, melakukan networking, menyaksikan talkshow, serta melihat berbagai pameran karya Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY. Acara ini di selenggarakan secara hybrid, dengan sesi online melalui Technopolis dan sesi on-site di Kampus BINUS @Kemanggisan untuk para profesional dan mahasiswa.

“Selain seminar, kegiatan ini juga akan mencakup pameran dan workshop yang bertujuan untuk memperkenalkan Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY kepada para pengunjung yang hadir. Faculty of Engineering terdiri dari jurusan Architecture, Industrial Engineering @Semarang, Industrial Engineering, Food Technology, Biotechnology, Computer Engineering, Civil Engineering.” Ungkap Bapak Dr Ir JF Bobby Saragih, selaku Senior Advisor Faculty of Engineering BINUS UNIVERSITY.

Selain itu, Ibu Religiana Hendarti, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Penyelenggara BINUS Engineering Week 2023 menambahkan. Bahwa dengan dunia Technopolis, para mahasiswa Faculty of Engineering dapat menampilkan karya-karya inovatif dan kreatif yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan. Yang dapat di saksikan dari tempat manapun. Hal ini juga merupakan bentuk edukasi bagi para mahasiswa untuk ikut berperan serta dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. Selain BINUSIAN BINUS @Kemanggisan, BINUSIAN dari kampus-kampus BINUS UNIVERSITY dari Alam Sutera, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang juga dapat menghadiri perhelatan ini secara online melalui Technopolis. Dengan mengetahui pentingnya keberlanjutan dalam dunia engineering, di harapkan para peserta juga dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan lingkungan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga  BINUS University Hadirkan Nusameta Borobudur Untuk Wisata Digital

Tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan Perguruan Tinggi Indonesia berkualitas global. Yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT dan mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkatan dunia seperti QS (Quacquarelli Symmonds) dan Times Higher Educations.

Dengan pengalaman selama 42 tahun membina Nusantara melalui pendidikan. BINUS UNIVERSITY memiliki visi utama, yakni sebagai “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

BINUS UNIVERSITY memiliki 12 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, 1 kampus di Malang, dan 1 Kampus di Semarang. Selain itu BINUS juga memiliki Online Campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga di berikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui Program (2+1)+1.

Program (2+1)+1 di tujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama dua tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain; serta 1 tahun mengambil 1 dari 7 track Enrichment yang di sediakan, yaitu: Internship, Community Development, Research, Start-Up Business, atau Study Abroad (kuliah di luar negeri), serta Further Study untuk beberapa program studi tertentu, serta specific independent study.

(Eff)