You are currently viewing Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo dan Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani Kunjungi Reverse Vending Machine (RVM) AQUA Danone x Plasticpay di Festival LIKE 2023
  • Post author:

Vakansiinfo, Jakarta – Sebuah pemandangan menarik terjadi saat perhelatan Festival LIKE (Lingkungan-Iklim-Kehutanan-Energi ETB) bertemakan Road to COP28, Dubai. Uni Emirate Arab (UAE) yang telah terlaksana pada tanggal 16 – 18 September 2023 di Arena Indonesia, GBK Senayan, Jakarta Pusat.

Pada Puncak Acara Festival LIKE pada tanggal 18 September 2023. Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay x AQUA Danone di kunjungi langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Dan Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani. Serta beberapa Menteri Indonesia Maju, Kapolri dan Tamu Undangan VIP seperti Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Tidak hanya itu, perwakilan dari AQUA Danone Ibu Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone. Ikut menjelaskan komitmen AQUA dalam #BijakBerplastik.  Serta komitmen untuk melakukan Carbon Neutral (From Bottle to Bottle) dan Gerakan Daur Ulang bersama Ekosistem Plasticpay.

Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo terlihat antusias mendengarkan penjelasan tersebut. Presiden kemudian juga ikut mencoba menukarkan sampah botol plastik merk Aqua kedalam Reverse Vending Machine (RVM). Aqua x Plasticpay sebagai salah satu solusi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Saat ini AQUA telah menempatkan 7 unit RVM di berbagai tempat. Salah satunya yang berlokasi di Tebet, Prof Satrio dan Kementerian Bappenas. Untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam #BijakBerplastik ujar Imam Pesuwaryantoro selaku Corporate Communication Plasticpay. Dampak sosial yang sudah di hasilkan oleh Aqua x Plasticpay melalui Penciptaan Reverse Vending Machine meliputi 1.980 Masyarakat yang berpartisipasi, 11.317.533 gram Jejak Karbon yang berhasil di kurangi, 11.997 Jumlah Transaksi, Rp. 10.094.889 Poin yang terdistribusi kepada Penerima Manfaat serta 164.022 pcs Botol Plastik yang terpilah untuk didaur ulang menjadi bahan baku ramah lingkungan seperti kain felt untuk di kreasikan menjadi produk kreatif ramah lingkungan dengan memberdayakan UMKM Indonesia.

Baca Juga  Jelang Idul Adha, Presiden Tinjau Sejumlah Pasar di Kabupaten Bogor

Festival LIKE 2023 adalah Acara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengenalkan aktualisasi kerja dan langkah-langkah korektif kebijakan serta implementasi pada sektor kehutanan dan lingkungan hidup yang menerapkan beberapa prinsip. Pertama, mendorong masyarakat untuk produktif melalui akses kelola hutan sosial. Kedua, meningkatkan upaya pemulihan lingkungan dengan indikator pengendalian deforestasi. Ketiga, dunia usaha untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah. Keempat, eksplorasi sumber daya untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Kelima, Pemanfaatan teknologi untuk usaha-usaha produktivitas.

Kolaborasi AQUA Danone x PT Plasticpay Teknologi Daurulang (Plasticpay) melaksanakan Program yang mendukung Environment, Social, & Good Governence dan Juga SDG’s yang mengubah perilaku seluruh masyarakat Indonesia di mana sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) no.11 (Sustainable Cities and Communities), SDGs no.12 (Responsible Consumption and Production), SDGs no.14 (Saving the Life Below Water) dan SDGs no.17 (Partnership for the Goals) guna mempercepat Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang.

(Eff)