You are currently viewing Rupiah Cepat Meningkatkan Akses Pembiayaan Bagi UMKM Di Medan Melalui Fintech Lending Days 2024

Vakansiinfo – Fintech Lending Days 2024 sukses di selenggarakan pada tanggal 6-7 Mei 2024 yang lalu di Kota Medan, Sumatera Utara. Acara yang di selenggarakan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) ini bertujuan untuk memberikan alternatif pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Medan, Sumatera Utara melalui teknologi finansial P2P lending.

Melalui acara ini, AFPI menjalin kerjasama dengan PT Kredit Utama Fintech Indonesia (Rupiah Cepat). Serta beberapa perusahaan fintech P2P lending lainnya. Untuk mengoptimalkan produktivitas UMKM sekaligus menggerakkan ekonomi daerah dengan memanfaatkan potensi UMKM di Sumatra Utara.

Ketua Umum AFPI, Entjik S. Djafar, menyatakan. Bahwa industri fintech lending resmi yang izinnya di awasi OJK. Terus berkomitmen untuk mendorong inovasi dan inklusivitas dalam sektor-sektor terkait. Terutama bagi pelaku UMKM dalam hal pembiayaan usaha mereka.

Rupiah Cepat Meningkatkan Akses Pembiayaan Bagi UMKM Di Medan Melalui Fintech Lending Days 2024

“Tahun ini, Fintech Lending Days di adakan di Medan, dengan mengundang 17 komunitas UMKM di bawah naungan organisasi wilayah Sumatra Utara. Untuk mengikuti pameran UMKM dan sesi diskusi. Hal ini membuktikan minat mereka terhadap pendanaan alternatif melalui platform fintech lending.” Ujar Entjik.

Baca Juga  Luncurkan GadePreneur, Pegadaian Ajak UMKM Bersatu Tumbuh Bersama
Lebih lanjut, kegiatan ini di harapkan dapat menjadi penghubung antara pelaku usaha mikro. Atau wirausahawan dengan penyedia layanan fintech lending untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis.

“Kami juga ingin terus memberikan edukasi kepada pelaku UMK. Agar memanfaatkan platform fintech lending yang legal sebagai alternatif pendanaan. Sehingga mereka dapat menghindari pinjaman ilegal.” Tambah Entjik.

AFPI mencatat bahwa hingga Februari 2024, terdapat penyaluran khusus fintech lending ke Sumatra Utara dengan total pinjaman mencapai Rp19,5 triliun. Menunjukkan adopsi yang kuat dari masyarakat dalam memanfaatkan layanan fintech lending.

Dalam acara tersebut, regulator seperti OJK berkumpul dengan perwakilan pemerintah UMKM Kota Medan, AFPI, berbagai platform, pemilik usaha kecil, menengah, dan mikro, serta mahasiswa di Auditorium lokasi acara. Forum ini bertemakan “Pinjaman P2P Teknologi Finansial sebagai Alternatif Pembiayaan bagi Usaha Kecil, Menengah, dan Mikro di Sumatera Utara”.

Rupiah Cepat Meningkatkan Akses Pembiayaan Bagi UMKM Di Medan Melalui Fintech Lending Days 2024

Untuk memeriahkan acara tersebut, Rupiah Cepat (RC) hadir membuka booth yang ramai di kunjungi oleh individu dan pemilik usaha UMKM dalam dua jam. Ibu Anna Maria Chosani selaku Direktur Rupiah Cepat sangat mengapresiasi keberhasilan acara tersebut.

Baca Juga  Gelar Dialog Publik, DPD APPSI Kota Bogor Usung Tema UMKM Naik Kelas

“Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Fintech Lending Days 2024 ini. Melalui acara ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada UMKM mengenai manfaat teknologi finansial. Khususnya P2P lending, dalam mendukung pertumbuhan bisnis mereka.” Ujar Bu Anna Maria Chosani.

Selain itu, Bu Yolanda selaku Chief of Business Legal Compliance Rupiah Cepat menambahkan tanggapannya mengenai acara tersebut

“Regulasi yang baik sangat di perlukan untuk mendorong pertumbuhan industri fintech. Kami mendukung penuh langkah-langkah OJK dan AFPI dalam memperluas akses pembiayaan bagi UMKM dan berkomitmen untuk selalu mematuhi regulasi yang ada.” Tambah Bu Yolanda.

Hadir pula Aulia Maghfiroh selaku PR GR Specialist Rupiah Cepat. Yang tampak aktif berinteraksi dengan warga Medan di acara Fintech Lending Days. Sambil mengenalkan produk aplikasi fintech Rupiah Cepat.

“Antusiasme masyarakat dan UMKM di Sumatera Utara terhadap teknologi finansial sangat menggembirakan. Kami akan terus mengedukasi dan memberikan solusi terbaik melalui platform kami untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.” Ujar Aulia Maghfiroh.

(Eff)