You are currently viewing Tips Cara Mengatasi Gangguan Insomnia
  • Post author:

Vakansiinfo – Tidur yang berkualitas dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti kesehatan fisik dan mental. Tapi bagi banyak orang tidur nyenyak seringkali menjadi tantangan. Ada yang mengalami sulit tidur bahkan sampai dengan tahap mengalami gangguan Insomnia.

Selain untuk beristirahat, tidur nyenyak akan membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Ketika kita bagun di pagi hari tubuh akan terasa segar dan siap menjalani hari dengan semangat. Di lansir dari Healthline kurangnya kualitas tidur akan berdampak pada penurunan hormon, keaktifan seseorang, fungsi otak dan meningkatnya berat badan. Sebaliknya, tidur yang baik akan membantu mengontrol berat badan. Badan menjadi aktif dan menjadi lebih sehat.

Berbagai macam cara dapat di lakukan untuk mendapat kualitas tidur yang baik dan nyenyak. Berikut beberapa tips mengatasi insomnia:

Buat Rutinitas Tidur yang Konsisten

Membiasakan diri dengan rutinitas tidur yang konsisten adalah kunci utama untuk mencapai tidur yang nyenyak. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, sekalipun di akhir pekan. Karena tubuh kita memiliki jam biologis internal yang disebut “ritme sirkadian”. Yang mengatur siklus tidur dan bangun. Dengan mengikuti rutinitas tidur yang konsisten, dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan ritme sirkadian dengan lebih baik.

Jika kita masih kesulitan, cobalah untuk melakukan kebiasaan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Beberapa minggu kemudian kita akan mulai terbiasa untuk tidur dan bangun di jam tersebut.

Lingkungan Tidur yang Nyaman

Faktor lingkungan juga merupakan peran penting untuk kualitas tidur. Pastikan kamar tidur nyaman, tenang, gelap serta atur suhu kamar yang sejuk. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman, serta perhatikan pencahayaan yang lembut. Anda juga dapat menggunakan penutup mata atau earplug, agar gangguan dari suara atau cahaya dapat di minimalisir.

Tips Cara Mengatasi Gangguan Insomnia

Lakukan juga kegiatan yang menenangkan sebelum tidur. Seperti, mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Hindari penggunaan gadget atau menonton televisi sebelum tidur. Karena cahaya biru yang di pancarkan dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

Hindari Konsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

Kafein adalah zat stimulan yang dapat mengganggu tidur. Batasi atau hindari minuman yang mengandung kafein. Seperti kopi, teh, atau minuman berenergi beberapa jam sebelum tidur. Mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur. Hal tersebut karena kafein mampu bertahan di dalam tubuh selama 6-8 jam. Jika menginginkan kafein seperti kopi, bisa mengganti minuman kafein dengan minuman dekafein.

Selain itu, makan makanan berat atau berlemak sebelum tidur juga dapat mengganggu pencernaan dan membuat kita sulit tidur nyenyak. Pilihlah makanan ringan yang mudah di cerna, jika merasa lapar sebelum tidur.

Aktivitas Fisik secara Teratur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur. Karena dapat meningkatkan kegembiraan dan membuat sulit tidur. Lakukan aktivitas fisik secara teratur, idealnya beberapa jam sebelum tidur. Seperti berjalan kaki ringan atau melakukan yoga yang dapat membantu relaksasi tubuh dan pikiran.

Mengembalikan Kesehatan Mental Dengan Berolahraga

Kelola Stres

Stres adalah salah satu faktor utama yang mengganggu tidur. Carilah cara-cara untuk mengelola stres dengan baik. Seperti beribadah, meditasi, pernapasan dalam, atau menulis jurnal sebelum tidur. Melibatkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan dan menghibur juga dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan suasana hati yang lebih.

Hindari Begadang dan Terlalu Lama Tidur di Siang Hari

Begadang sangatlah buruk untuk kesehatan. Usahakan untuk tidak begadang, karena kurang tidur di malam hari dapat mempengaruhi kualitas tidur. Terlebih lagi jika pada akhirnya kita mengalami gangguan Insomnia. Jika kita perlu tidur siang, batasi durasinya seperti 20-30 menit. Tidur siang selama 20-30 menit akan meningkatkan fungsi otak. Jika terlalu lama tidur siang akan mempengaruhi kesehatan dan juga kualitas tidur yang menurun.

Dengan menerapkan tips sederhana ini, kita dapat memperbaiki kualitas tidur. Dan terhindar dari insomnia, merasakan manfaat tidur yang nyenyak. Ingatlah bahwa tidur yang berkualitas adalah investasi dalam kesehatan. Jadi berikanlah tubuh kita pola tidur, waktu yang cukup bagi tubuh, dan pikiran kamu untuk beristirahat dengan baik.

(Ati)