You are currently viewing Tips dan Trik Supaya Anak Mau Makan dengan Asupan Nutrisi Seimbang

Vakansiinfo – Masa-masa pertumbuhan anak adalah fase paling penting yang harus selalu kita perhatikan. Di saat anak sulit makan, pasti muncul rasa kekhawatiran kecukupan gizinya. Tak heran jika kita melakukan berbagai tips dan cara supaya anak kembali mau makan banyak.

Beberapa penyebab yang membuat anak sulit makan, salah satunya mulai dari tumbuh gigi dan alergi. Juga berada di tahap mengenal rasa sehingga muncul beberapa penolakan seperti melepeh. Jangan langsung panik saat anak melepeh atau menolak makan. Kita bisa melakukan beberapa solusi untuk mengembalikan respons makan pada anak.

Buat kreasi menu makanan

Anak yang menolak makan mungkin merasa bosan atau tidak suka dengan cara pengolahan makanannya. Namun, biasanya anak belum bisa menjelaskan apa yang tidak di sukainya.

Cobalah untuk membuat kreasi masakan yang berbeda. Tidak perlu langsung mencoba menu baru, cobalah mengubah cara memasak, misalnya ayam yang biasanya di goreng, di olah dengan cara di rebus. Mungkin, anak akan lebih suka.

Tips dan Trik Supaya Anak Mau Makan dengan Asupan Nutrisi Seimbang

Hindari negosiasi saat makan

Waktu makan sebaiknya menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Memang, siapa pun pasti berusaha membujuk anak agar makan banyak. Biasanya tahap negosiasi ini membuat anak rewel karena kena teguran tidak mau makan

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Monstera Mudah Dan Sederhana

Jika terlalu sering berdebat saat makan, bukan tidak mungkin anak akan malas setiap kali waktu makan tiba. Jadi, jangan di paksa dan biarkan dulu saja jika sedang menolak makan.

Makan bersama

Fase pertumbuhan anak biasanya juga seiring dengan fase meniru. Anak sedang melalui tahap penyerapan informasi yang sangat cepat. Oleh karena itu, ajak anak makan bersama agar tidak takut mencoba pilihan menu makanan baru.

Tips dan Trik Supaya Anak Mau Makan dengan Asupan Nutrisi Seimbang

Kesungguhan yang perlu di lakukan secara bertahap hingga anak terbiasa makan teratur. Hal ini akan membuat anak merasakan proses makan yang menyenangkan dan lebih mudah makan berbagai pilihan nutrisi seimbang yang lengkap.

Tambahkan saus sebagai pelengkap

Beberapa anak mungkin sulit makan sayur. Namun, rasa saus celup berbahan dasar yoghurt atau saus tomat biasanya di sukai anak karena ada cita rasa manis. Nah, coba kreasikan bumbu pelengkap lain untuk membuat saus cocok sehingga anak lebih senang makan sayur.

Kenalkan menu baru perlahan-lahan

Tidak semua anak bisa langsung menerima pilihan menu baru. Pengenalan makanan memang sangat penting untuk anak, tapi prosesnya harus di lakukan secara perlahan. Jika anak menolak, cari menu lain dengan nutrisi yang sama.

Baca Juga  Tips Cara Mengatasi Ketombe

Sediakan camilan tinggi kalori

Sesi makan terkadang jadi melelahkan jika anak sedang rewel. Mungkin saat anak tumbuh gigi, anak akan menolak saat di beri makanan dengan porsi besar di piring. Hal ini bisa di akali dengan memberikan makanan ringan yang tinggi kalori.

Sediakan beberapa jenis buah-buahan seperti alpukat dan mangga untuk di makan sambil bermain. Meskipun hanya sedikit-sedikit, asupan kalori bagi anak tetap terpenuhi.

Selalu jadwalkan makan malam

Jangan pernah melewatkan jadwal makan malam. Anak mungkin lebih cepat mengantuk sehingga tidak makan di malam hari. Nah, kalau anak lapar, nantinya anak akan rewel dan terbangun dari tidur malamnya. Jadi, biasakan jadwal makan malam tidak terlewat sehingga sesi makan tetap teratur dan menyenangkan juga esok harinya.

Demikian beberapa tips yang bisa di lakukan agar anak tetap semangat makan. Singkatnya, anak harus di biasakan untuk tetap mengkonsumsi makanan secara disiplin dan tepat waktu, tapi tidak di paksa.

(Rev)