You are currently viewing Tips Kegiatan Liburan Bersama Anak di Rumah

Vakansiinfo – Terkadang pada waktu libur tiba kita tidak bisa pergi berlibur jauh dari rumah. Tentunya keadaan tersebuat membuat anak-anak kita kecewa. Untuk menyiasati keadaan tersebut kita bisa melakukan suatu kegiatan liburan bersama anak di rumah.

Kegiatan liburan bersama anak di rumah bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah.Dengan di dampingi orang tua pastinya kegiatan ini akan menyenangkan dan membuat anak senang. karena tidak hanya dengan bermain ponsel saja, tetapi juga bisa melatih kecerdasan emosional anak. Berikut beberapa tips untuk menghabiskan waktu bersama anak di rumah waktu liburan.

Berlatih Mendongeng

Membaca bagi sebagian anak tentu saja menjadi hal yang membosankan. Seringkali mereka akan menolak jika sudah di suruh membaca buku. Padahal, membaca buku adalah hal yang harus di lakukan demi meningkatkan literasi anak.

Hal itu bisa kita siasati dengan melakukan kegiatan seru dalam membaca. Seperti mengajak anak untuk mendongeng bersama sambil memperagakannya. Bisa juga untuk mengajak anak membuat alat-alat peraga, seperti wayang-wayangan. hal itu akan menjadikan keseruan dan anak-anak tidak akan bosan.

Baca Juga  Menparekraf Tinjau Beberapa Titik TMII, Pastikan Suasana Libur Nataru Kondusif

Tips Kegiatan Liburan Bersama Anak di Rumah

Camping di Rumah

Anda bisa melakukan kemah sederhana di dalam atau di halaman rumah. Supaya camping seolah nyata dan benar-benar di alam terbuka, Anda bisa membuat api unggun sederhana serta siapkan bahan-bahan makanan untuk di panggang. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan dan membuat anak-anak bahagia.

Menonton Film Bersama

Anak-anak pastinya sangat senang jika menonton film di temani oleh orang tuanya. Karena mereka merasa tidak sendiri dan di dampingi. Setelah menonton film tersebut, bisa kita ajak anak diskusi mengenai alur ceritanya. Buat anak untuk menceritakan kembali sesuai dengan apa yang mereka tangkap selama menonton film. Hal ini bisa melatih mereka untuk mengingat hal-hal yang baru mereka tonton dan berbicara di depan orang lain.

Olahraga Bersama

Berolahraga akan lebih seru jika memang di lakukan bersama keluarga. Dengan melakukan olahraga ringan di rumah, seperti senam pagi hingga jogging di lingkungan rumah, si anak juga pasti akan ikut. Jika mereka merasa malas, kita bisa jelaskan bahwa berolahraga itu penting bagi tubuh agar selalu sehat.

Baca Juga  Waspadai Overthinking Yang Menjadikan Segalanya Menjadi Rumit

Tips Kegiatan Liburan Bersama Anak di Rumah

Bereksperimen di Dapur

Memasak dan kegiatan lain di dapur sering kali menyita perhatian anak-anak. Nah, saat anak-anak merasa ingin tahu dengan hal tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menjadikan memasak sebagai kegiatan seru saat liburan. Mengajarkan anak-anak dengan perlahan mengenai bumbu dapur. Kita juga bisa mengajak anak-anak untuk membuat kue-kuean lucu yang akan membuat mereka bangga saat kue tersebut sudah jadi.

Berkebun

Sekarang menanam tanaman di pot atau kebun kecil di samping rumah sangat di minati. Kegiatan ini bisa juga menjadi referensi tips kegiatan liburan bersama anak di rumah. Dengan berkebun, kita bisa memberikan penjelasan bahwa tanaman itu penting bagi bumi sehingga mereka akan lebih peduli dengan lingkungan.

Demikian beberapa tips kegiatan liburan bersama anak di rumah yang bisa di jadikan rekomendasi agar anak-anak tidak merasa bosan di rumah. Dan tentunya kegiatan tersebut akan membuat Anda lebih dekat dengan anak.

(Ati)