You are currently viewing Tips Merawat Aki Motor Matic Agar Tidak Cepat Soak

Vakansiinfo – Aki motor mempunyai peran yang sangat penting. Jika performa aki menurun atau bahkan soak, dapat mengakibatkan motor matic akan sulit di hidupkan. Hal ini tentu akan merepotkan, apalagi jika hal itu terjadi di tengah kesibukan aktivitas yang padat.

Usia pemakaian aki motor di pengaruhi oleh bagaimana pemilik motor memperlakukan motornya. Aki yang baik akan memberikan daya listrik yang optimal ke seluruh komponen kelistrikan motor. Tapi saat kondisi atau performa aki menurun, kemampuan suplai daya listriknya akan berkurang sehingga dapat mengganggu kinerja komponen kelistrikan motor.

Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan aki supaya aki motor bisa lebih awet dan kemampuan menyalurkan tenaga listriknya tetap optimal. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pengguna motor matic supaya aki motor lebih awet, begini tips merawat nya:

  • Lakukan pemeriksaan area terminal aki motor matic secara rutin. Karena oksidasi lingkungan yang lembab dapat menimbulkan kerak berwarna putih. Kerak ini bisa menghambat aliran listrik. Segeralah bawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan dari mekanik berpengalaman.
  • Perhatikan penggunaan aksesoris motor. Penggunaan aksesoris kelistrikan yang bukan standar pabrikan seperti penambahan lampu variasi hingga perubahan tipe klakson, akan menambah beban kerja aki. Beban kerja aki yang berat dalam waktu lama akan membuat usia pakainya jadi lebih pendek.
  • Rutinlah memanaskan mesin motor. Jika sepeda motor tidak di gunakan dalam waktu lama, maka rutinlah menghidupkan mesinnya untuk sekedar memanaskan mesin. Setidaknya 1 atau 2 hari sekali.
Baca Juga  Konser Semesta Kris Dayanti Bersama Erwin Gutawa Orchestra Akan Segera Di Gelar

Demikian tips merawat aki motor, tak kalah penting, jika aki motor harus di ganti maka gantilah dengan aki yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Jangan sampai salah pilih aki motor matic agar tak menimbulkan masalah di kemudian hari.

(Tra)