You are currently viewing Unggul Dalam Kualitas Pendidikan, UNTAR Masuk Pemeringkatan The Times Higher Education

Vakansiinfo – Pemeringkatan The Times Higher Education Impact Ranking menilai kinerja universitas terkait penelitian, pengajaran, dan dampak, telah di umumkan pada Kamis (01/06/2023).

Penilaian tersebut di kaitkan dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Untar memperoleh peringkat pada tiga kategori yang meliputi: kategori Quality Education peringkat 401-600. Kategori Industry, Innovation, and Infrastructure peringkat 401-600. Serta kategori Partnerships for the Goals peringkat 1001+.

Kategori Quality Education yang di kaitkan dengan tujuan kedua SDGs yaitu “zero hunger”, mengukur penelitian universitas terkait kelaparan, pengajaran tentang keberlanjutan pangan. Komitmen untuk mengatasi pemborosan makanan, serta mengatasi kelaparan di kampus dan tingkat lokal. Data diambil dari hasil publikasi yang di indeks antara tahun 2017 dan 2021. Ada 647 universitas dari 81 negara yang masuk dalam pemeringkatan di kategori ini.

Sedangkan, kategori Industry, Innovation, and Infrastructure. Yang merupakan tujuan SDGs kesembilan, di ukur dari penelitian universitas tentang industri dan inovasi, jumlah paten dan perusahaan spin-off, serta pendapatan penelitian dari industri. Dalam kategori ini terdapat 873 institusi dari 87 negara termasuk Untar.

Baca Juga  Program Sekolah Sehat, Menyambut Tahun Ajaran Baru

Selain itu, Untar memperoleh pemeringkatan THE dalam kategori Partnerships for the Goals atau kemitraan untuk mencapai tujuan. Kategori yang mengambil dari tujuan SDGs ke-17 ini melihat caracara universitas dalam mendukung SDGs. Melalui kolaborasi dengan negara-negara lain, promosi, dan publikasi data.

Banyak Kampus Terkemuka Mengikuti Pemeringkatan THE

THE di ikuti banyak kampus-kampus terkemuka di dunia termasuk Indonesia karena menjadi rujukan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang di terbitkan setiap tahunnya.

Masuknya Untar dalam pemeringkatan THE menambah lagi pengakuan atas capaian Untar di tingkat internasional.

Menanggapi capaian ini, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU. ASEAN Eng. menilainya sebagai hasil yang sangat baik. Tahun 2023 ini, Untar mengikuti tiga kategori pemeringkatan THE yaitu education, industry, dan partnership. Hasil yang di peroleh ini menunjukkan pelaksanaan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di Untar telah di laksanakan dengan baik dan memperoleh outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Untar akan terus meningkatkan kualitas pengelolaan, kegiatan pembelajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang mendukung tercapainya SDGs,” pungkas Rektor.

Baca Juga  Milad ke 5, Cinta Qur'an Center Lahirkan Santri Berkarakter dan Berjiwa Entrepreneur

(Qie)