You are currently viewing Waspadai Bahaya Kebiasaan Bermain HP Sebelum Tidur

Vakansiinfo – Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa bermain handphone (HP) sebelum tidur dapat membantu mendatangkan kantuk dan akhirnya bisa tidur pulas. Namun, faktanya malah sebaliknya. Karena ada banyak bahaya bermain HP sebelum tidur bagi kesehatan kita yang harus di waspadai.

Smartphone memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Namun, kita perlu membatasi penggunaannya, karena dampak negatif HP untuk kesehatan juga tidak sedikit. Godaan untuk bermain HP sambil tiduran di atas kasur yang empuk memang sulit di hindari. Namun, harus kita ketahui kalau barang elektronik ini bisa membawa dampak buruk jika tidak di gunakan dengan bijak.

Berikut ini adalah berbagai bahaya bermain HP sebelum tidur bagi kesehatan:

Menghambat fase tidur rapid eye movement (REM)

Fase rapid eye movement atau REM adalah fase tidur yang penting untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Fase ini dapat memperkuat ingatan, keterampilan kreatif, hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Bila kita bermain HP sebelum tidur, dapat menyebabkan fase ini menjadi terganggu. Jika tubuh tak mendapatkan fase tidur REM yang cukup, maka bisa menimbulkan pening dan sulit konsentrasi pada keesokan harinya.

Mengganggu pikiran sebelum tidur

Terlalu banyak bermain HP sebelum tidurpun bisa mengganggu pikiran kita. Pasalnya, di saat kita terpaku dengan yang ada di layar, otak menjadi terangsang untuk lebih aktif dan terjaga. Bahkan, melihat HP sebentar saja sudah bisa merangsang otak dan membuat kita sulit tertidur. Efek ini bahkan tetap dapat di rasakan setelah HP di matikan.

Baca Juga  Studi HCC: Orang Indonesia Dengan Emotional Eater 2,5 Kali Berisiko Stres

Menurunkan produksi hormon melatonin

Melatonin adalah hormon yang di produksi oleh kelenjar pineal di dalam tubuh. Hormon melatonin memiliki tugas untuk “memberi tahu” tubuh kapan untuk tidur dan terbangun..Menurut sebuah studi, produksi hormon melatonin dapat terhambat akibat paparan cahaya biru yang di pancarkan oleh layar HP. Saat produksi hormon melatonin terhambat, kita bisa mengalami insomnia, sampai kelelahan di siang hari, hingga mudah marah.

Membuat menjadi waspada

Menurut para peneliti di Universitas Harvard. Dampak negatif handphone yang di mainkan sebelum tidur dapat membuat kita merasa lebih waspada. Dan akhirnya membuat kita menunda waktu tidur.

Mengundang rasa letih saat terbangun

Masih dari penelitian yang sama, bahwa bermain HP sebelum tidur dapat membuat kita terbangun dengan rasa letih, kantuk, dan pening di pagi harinya.

Bangun kesiangan

Kebiasaan membaca buku atau berita lewat layar HP sebelum tidur di percaya dapat membuat kamu bangun kesiangan, di bandingkan dengan membaca buku fisik secara langsung.

Merusak irama sirkadian

Tubuh kita mengikuti irama sirkadian untuk mengatur waktu bangun dan tidur. Siklus ini di atur oleh hormon melatonin. Irama sirkadian yang normal akan membuat kita terjaga ketika ada cahaya terang dari matahari. Dan mengantuk lalu tidur ketika cahaya matahari hilang. Ketika siklus ini rusak, kita akan sulit untuk tidur.

Baca Juga  Simak Spesifikasi Performa Ekstrem dari SiPalingGesit POCO C65

Terlalu banyak bermain HP sebelum tidur menyebabkan siklus sirkadian menjadi terganggu. Penyebabnya adalah sinar biru atau blue light yang di pancarkan oleh layar HP. Sinar ini mirip dengan sinar matahari, ketika kita terpapar banyak sinar biru, tubuh akan mengira waktu masih siang, sehingga akan sulit merasa ngantuk dan terlelap. Untuk meminimalisir dampak ini, sebaiknya gunakan fitur dark mode yang ada di ponsel.

Kapan sebaiknya berhenti bermain HP sebelum tidur?

Supaya tidak susah tidur, kamu sebaiknya berhenti bermain HP maupun gadget satu atau dua jam sebelumnya. Ganti aktivitas menjelang tidur dengan kegiatan yang menenangkan. Misalnya mandi air hangat, meditasi, atau membaca buku. Dengan begitu, kamu jadi bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Juga di sarankan untuk menyetel HP dalam mode silent agar waktu istirahat tidak terganggu dengan notifikasi.

(Rev)