You are currently viewing Waspadai Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebihan
  • Post author:

Vakansiinfo – Gula, dengan kelezatannya yang manis, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai makanan dan minuman sehari-hari. Akan tetapi, di balik sensasi rasa yang menggoda, tersembunyi berbagai ancaman yang dapat merusak kesehatan tubuh secara perlahan.

dunia modern ini berbagai makanan dan minuman manis banyak di sajikan dan di kosumsi. Kesadaran akan bahaya dari mengonsumsi gula berlebihan sangatlah penting di waspadai. Berikut ini beberapa dampak buruk mengonsumsi gula berlebihan untuk kesehatan:

Obesitas dan Penyakit Metabolik

Gula tambahan dalam makanan dan minuman berkontribusi pada peningkatan berat badan. Konsumsi berlebihan gula dapat memicu obesitas, yang merupakan faktor risiko utama penyakit metabolik. Seperti diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Resiko Penyakit Jantung

Selain itu tambahan gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan memicu peradangan, meningkatkan tekanan darah, dan mempengaruhi kadar kolesterol.

Kerusakan Hati

Kelebihan konsumsi gula dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati. Menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkoholik yang dapat berkembang menjadi kerusakan hati yang lebih serius.

Baca Juga  Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa: Indonesia Darurat Kesehatan Jiwa

Penyakit Diabetes Tipe 2

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan risiko perkembangan diabetes tipe 2.

Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi gula tinggi dengan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara, kolorektal, dan pankreas.
Salah satu penelitian yang signifikan adalah penelitian yang di terbitkan dalam jurnal “JAMA Internal Medicine” pada tahun 2014. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsumsi gula tambahan yang tinggi secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada orang dewasa. Dalam penelitian ini, mereka yang mengonsumsi lebih dari 25% kalori harian dari gula tambahan memiliki risiko kematian. Karena penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi di bandingkan dengan mereka yang mengonsumsi gula tambahan kurang dari 10% kalori harian.

Kesadaran akan bahaya mengonsumsi gula berlebihan sangatlah penting. Upaya untuk mengurangi asupan gula dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit serius seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Dengan mengacu pada penelitian yang ada, penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengontrol konsumsi gula dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga  Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan Tubuh

(Rev)